oleh

Menguap Ternyata Bermanfaat Lho

Kabar6-Menguap adalah proses pendinginan pada otak, mencegahnya mencapai suhu terlalu panas. Suhu inti otak akan meningkat ketika seseorang lelah, ketika kita terstimulasi atau bosan, dan dalam keadaan seperti demam atau terserang infeksi.

 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh gabungan dari University of Vienna, Austia, dan beberapa Universitas di Amerika Serikat menunjukkan bahwa menguap memiliki tujuan utama untuk mendinginkan otak. ** Baca juga: Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Tubuh Pegal

 

Otak manusia itu seperti komputer, yang akan berfungsi dengan maksimal ketika bersuhu dingin. Oleh karena itu, ketika otak terasa panas, maka dinding posterior bakal melentur, dan sistem ventilasi sinus bergerak aktif. Hal ini bisa membuat otak Anda menjadi lebih dingin.

 

Ketika menguap, akan terjadi pergantian udara di dalam tubuh, dan suhu otak akan menurun. Dijelaskan lebih detail oleh para peneliti, ketika menguap akan terjadi peningkatan aliran darah ke leher, wajah, dan kepala.

 

Kondisi itu akan meningkatkan cairan pada tulang belakang dan darah dari otak, yang akhirnya membuat otak menjadi dingin. Nah, otak yang menjadi dingin karena menguap maka akan meningkatkan gairah dan stabilitas mental. Termasuk meningkatkan kewaspadaan.

 

Karena itulah, jangan pernah menahan atau menutupi jika Anda ingin menguap, karena menguap baik untuk kesehatan. (ilj)

Berita Terbaru