oleh

Menggugah Selera Lewat “Lammaknya” Gurame Pesmol

Kabar6-Ragam olahan Gurame yang kerap menggugah rasa dan selera. Seperti gurame goreng kering, asam manis, saus mangga hingga gurame pesmol. Seperti apa?

Di Restoran Telaga Seafood yang berlokasi di Jalan Raya Serpong Kavling Komersial, No. 6, BSD, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), gurame pesmol merupakan menu pendatang baru yang sudah memiliki banyak fans.

“Belum lama nama hidangan lauk beraroma khas dengan rasa bumbu legit itu mengisi daftar menu, langsung saja menjadi pilihan sebagian besar pelanggan setia resto,” kata sang owner Rully kepada kabar6.com.

Melihat proses pembuatan gurame pesmol di dapur resto, dimulai dari pengolahan bumbu sedemikian rupa ragam rempah dan bumbu.

Seperti bawang merah dan bawang putih, daun salam, jeruk nipis, batang serai, lengkuas, jahe, kemiri, cabai merah dan rawit, gula, garam secukupnya.

Lumuri kedua sisi gurame dengan air jeruk nipis selama 15 menit. Cuci bersih di bawah air mengalir, lumuri garam, biarkan selama 15 menit.

“Panaskan minyak di atas api dengan suhu sedang. Goreng kedua sisi ikan sampai kering dan kecokelatan, angkat, dan tiriskan,” jelas pria berkacamata ini.

Atur gurame dipiring saji, siram kedua sisi gurame dengan kuah bumbu kuning nan medok secara merata. Hmm…lammak banna!!!

Memang, untuk proses memasaknya, menu yang dibanderol Rp 75 ribuan ini sedikit lebih lama dari yg lainnya. **Baca juga: Lontong Sayur Medan di Warung Tenda BSD, Rasanya Nendang Cuy…!

Tetapi, citarasa freshnya gurame yang disiram kuah bumbu kuning nan medok, kiranya dapat menebus waktu yang digunakan untuk menunggu tadi.(fitrah)

Berita Terbaru