oleh

Mengapa Anda Lebih Sering Digigit Nyamuk Dibanding Orang Lain?

Kabar6-Pernahkah Anda merasa lebih sering digigit nyamuk ketimbang orang di sekitar saat itu? Hal yang harus diketahui, nyamuk memang ‘tertarik’ pada orang yang memiliki ciri-ciri tertentu.

Secara umum, nyamuk hanya mengandalkan berbagai daya tarik seperti bau, gerakan, dan warna untuk menemukan sumber makanannya. Nyamuk tertarik pada ekskresi kimiawi tubuh seperti karbon dioksida.

Jika tubuh Anda mengeluarkan lebih banyak karbon dioksida, maka nyamuk akan menarik lebih banyak nyamuk untuk datang. Nyamuk dapat mendeteksi Anda dari jarak 50 meter.

Nyamuk juga tertarik dengan asam urat, asam laktat, dan amonia. Melansir Intisari, berikut sejumlah alasan mengapa Anda lebih sering digigit nyamuk:

1. Pakaian
Sebenarnya, nyamuk menggunakan mata mereka untuk menargetkan korban. Jonathan Day, seorang profesor entomologi medis di University of Florida, Vero Beach, mengatakan bahwa nyamuk suka warna gelap.

Mengenakan warna gelap (biru tua, hitam) dan merah membuat Anda lebih mudah dikenali, terutama di sore hari. Sebaliknya, pakaian berwarna terang agaknya dapat mencegah nyamuk untuk tertarik menggigit Anda.

2. Bau
Anda dapat menghindari gigitan nyamuk dengan hujan-hujanan. Nyamuk tertarik dengan bau kaos kaki kotor Anda, maka lebih baik jika mengganti kaus kaki Anda.

3. Kehamilan
Beberapa nyamuk lebih tertarik pada wanita yang sedang hamil. Menurut penelitian, ini mungkin karena peningkatan karbon dioksida dari wanita hamil.

Diketahui, wanita hamil cenderung menghembuskan napas 21 persen lebih banyak dibandingkan wanita yang tidak hamil. Selain itu, wanita hamil memiliki perut yang lebih panas, dan ini disukai nyamuk.

4. Alkohol atau parfum
Nyamuk lebih tertarik pada orang yang minum alkohol karena ekskresi dula dan minuman itu melalui kulit. Selain itu, aroma parfum yang kuat juga dapat menarik nyamuk.

5. Kulit yang cerah
Penelitian telah menemukan bahwa ada beberapa jenis bakteri pada kulit seseorang yang menarik nyamuk. Kehidupan mikroskopis, yang menciptakan aroma yang berbeda, ditemukan dalam selubung kulit kita.

Dalam sebuah penelitian, sekelompok pria dibagi menjadi mereka yang disukai nyamuk dan yang tidak. Mereka yang berkulit lebih cerah disukai nyamuk dan memiliki kandungan mikroba tertentu lebih banyak dibanding yang tidak.

6. Suhu tubuh
Nyamuk sensitif terhadap suhu tubuh Anda. Mereka suka yang lebih hangat. Manusia berkeringat panas ‘sangat lezat’ bagi para nyamuk. Ini adalah alasan mengapa mereka tertarik kepada Anda setelah berolahraga.

7. Golongan darah
Nyamuk betina mengandalkan protein dalam darah kita untuk produksi telur. Golongan darah tertentu lebih diinginkan untuk mereka. Penelitian telah menemukan bahwa darah tipe O dua kali lebih menarik bagi nyamuk dibandingkan dengan darah tipe A. Sementara itu, golongan darah B kurang disukai nyamuk. ** Baca juga: Waspada, Pria Playboy Dihantui Masalah Kesehatan Mental

Adakah salah satu hal tadi merupakan alasan mengapa nyamuk lebih ‘menyukai’ Anda? (ilj/bbs)

Berita Terbaru