oleh

Usia 102 Tahun, Pria Asal Jerman Ini Masih Jadi Pelatih Renang

Kabar6-Usia bukanlah halangan bagi Leopold Kuchwalek untuk tidak berkegiatan. Buktinya, di usia  102 tahun pria yang akrab disapa Leo ini masih menjadi pelatih renang.

Menjadi pelatih renang, melansir DW, menyelamatkan Leo dari depresi karena ditinggal cinta sejatinya, Hildegard, setelah 73 tahun menikah. Semasa mudanya, Leopold Kuchwalek justru berprofesi sebagai tukang kunci terlatih dan memiliki perusahaan instalasi di Berlin.

Pada 1984, ia mengambil ujian untuk menjadi instruktur renang. Ya, Leo ingin melakukan sesuatu yang bermanfaat. Karena suka berada di air, dia menghubungi Palang Merah untuk menjadi instruktur renang.

Dikisahkan Leo, sejak menginjak usia 100 tahun, teleponnya sering berdering. Wartawan dari seluruh dunia ingin tahu bagaimana seseorang bisa hidup begitu lama dan awet muda. Leo senang dengan adanya kunjungan ini.

“Bahkan di Rusia dan Jepang orang sudah memberitakan saya,” jelasnya. Dan Leo menyimpan semua artikel surat kabar tentang dia.

Terkadang, Leo juga menerima surat karena dia tidak punya sambungan internet. Orang-orang mengungkapkan kepadanya betapa mereka terinspirasi dan termotivasi untuk tetap aktif dalam kehidupan.

Ketika membaca itu, ia mengatakan sering menjadi berkaca-kaca. Dikatakan Leo, resepnya agar berumur panjang adalah tidak merokok, lakukan sesuatu untuk orang lain, dan tentu saja berenang. ** Baca juga: Di Spanyol Lahir Belasan Bayi ‘Manusia Serigala’

Hidup sehat memang harus dimulai sejak dini dengan disiplin tinggi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru