oleh

Mau Cari Suaka ke Australia, Puluhan Imigran Gelap Diamankan Polda Banten

Kabar6- Aksi penyelundupan puluhan imigran asal Afganistan ke Christmas Island, Australia berhasil digagalkan petugas Direktorat Polair Polda Banten, Senin (24/9) siang.

Dari 93 imigran gelap tersebut , 53 berhasil diamankan, semantara itu 40 orang lainnya melarikan diri ke dalam hutan di Pulau Peucang, Kec. Sumur, Kab. Pandeglang. Petugas gabungan Ditpolair dan Polres Pandeglang saat ini masih melakukan pengejaran pada imigran yang kabur itu.

Menurut Kombes Pol Budhi Hermawan Direktur Polair Polda Banten,   imigran asal Afganistan ini berniat mencari suaka politik di Australia. Dengan menggunakan perahu kayu, 93 imigran gelap tersebut masuk Australia melalui Pulau Christmas.

“Ditengah lautan, kapal yang mereka tumpangi mengalami kebocoran dan tidak dapat melanjutkan perjalanan. Kapal akhirnya terdampar di perairan Pulau Peucang,” terang Kombes Pol Budhi kepada wartawan saat evakuasi imigran di Pelabuhan PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Merak, Senin (24/9) sore.

Setelah mendapatkan informasi dari Search and Rescue (SAR), pihaknya langsung menuju lokasi menggunakan Kapal Enggano milik Polri. “Puluhan imigran itu ditemukan oleh tim SAR, mereka ditemukan sedang terapung di atas kapal dan puluhan lainnya yang berhasil  ke darat di pulau tersebut melarikan diri. Diduga jumlah keseluruhan terdapat 93 imigran,” terang Budhi.

Puluhan imigran yang kabur tersebut, lanjutnya,  saat ini masih dalam pengejaran petugas. Sebab, imigran yang kabur itu bersembunyi ke dalam hutan pulau itu. “Mudah-mudah besok sudah tertangkap dan kemudian langsung dievakuasi,” ujarnya.

Kata dia, dalam penangkapan imigran gelap itu juga terdapat satu warga negara Indonesia (WNI) yang merupakan awak kapal pembawa imigran. Awak kapal itu berasal dari daerah Sulawesi. “Awak kapal itu sedang kami proses untuk dimintai keterangan,” katanya.

Dia menambahkan, para imigran itu  akan ditangani Kantor Imigrasi Serang, Banten. “Imigran ini akan dibawa ke Serang. Soalnya yang 56 orang imigran  kemarin masih berada disini, jadi biar Imigrasi Serang yang menangani,” kata dia.

Diketahui sebelumnya, Polair Banten, juga menangkap sebanyak 56 imigran dari negara Timur Tengah itu. Saat ini imigran itu masih ditampung di Hotel Ferry Merak.

Para imigran ini banyak ditangkap di sekitar perairan Selat Sunda, karena Pulau Christmas, sebuah pulau yang masuk wilayah Australia itu menjadi perlintasan para pencari suaka.(pk/sak)

 

Berita Terbaru