oleh

Makanan dan Minuman yang Bantu Tingkatkan Kekebalan Tubuh di Musim Penghujan

Kabar6-Tiap memasuki musim penghujan, biasanya tidak sedikit orang yang terserang penyakit. Entah itu flu, batuk, diare, demam, bahkan sejumlah penyakit yang berbahaya.

Karena itulah, Anda perlu meningkatkan daya tahan tubuh agar bisa menahan serangan berbagai penyakit. Salah satunya, melansir idntimes, dengan mengonsumsi beberapa makanan dan minuman yang bisa membantu menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit. Makanan dan minuman apa saja yang dimaksud?

1. Jeruk
Kandungan vitamin C yang banyak terdapat pada jeruk bisa menjaga daya tahan tubuh. Untuk mengonsumsinya bisa dengan langsung dimakan ataupun dijus. Namun, jika dijus usahakan dengan takaran gula yang sedikit mungkin.

2. Bayam
Selain mengandung zat besi yang baik untuk peredaran darah dan juga anemia, sayuran ini pun memiliki kandungan vitamin C serta antioksidan.

3. Kacang almond
Tidak hanya enak, almond juga punya berbagai khasiat dalam kesehatan. Salah satunya, menjaga daya tahan tubuh karena memiliki kandungan vitamin C dan E. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam almond juga bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penuaan dan kerusakan sel. Antioksidan tersebut terkandung pada lapisan kulit yang berwarna cokelat.

4. Brokoli
Kandungan vitamin C dan E dlam brokoli bisa menjaga tubuh agar tetap fit. Antioksidan yang terdapat pada brokoli juga bisa membantu melawan kerusakan kulit akibat polusi dan paparan sinar matahari.

5. Jamur
Kandungan antioksidan yang tinggi dalam jamur bisa menangkal radikal bebas, mengurangi risiko penyakit jantung, dan juga alzheimer. Vitamin B riboflavin dan niacin juga berperan dalam menjaga kekebalan tubuh.

6. Tiram
Makanan laut ini memiliki banyak manfaat yang jarang diketahui. Kandungan nutrisi seperti seng, zinc, zat besi, kalsium, dan kalium dapat menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, zat besi yang terdapat dalam tiram juga bisa mempercepat penyembuhan luka.

7. Teh hijau
Teh hijau memiliki kandungan flavonoid yang merupakan zat antioksidan. Zat tersebut bisa membantu mencegah flu dan batuk yang rawan menyerang di musim hujan seperti ini.

8. Yoghurt
Camilan dan hidangan penutup ini pun bisa membantu tubuh memperkuat sistem imun. Kandungan mineral dan gizi dalam yoghurt dapat meningkatkan produksi sel T yang merupakan salah satu sel darah putih. Sel tersebut berperan dalam melawan penyakit yang masuk ke tubuh. ** Baca juga: Bolehkan Membunyikan Sendi Jari Tangan?

Jangan lupa, imbangi dengan mengonsumsi vitamin tambahan agar semakin terasa efeknya.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email