oleh

Makan Mi Instan Campur Nasi Putih Miliki Dampak Buruk Bagi Kesehatan?

Kabar6-Dengan alasan agar lebih kenyang sekaligus praktis, seringkali orang makan nasi dengan ‘lauk’ mi instan. Padahal kebiasaan seperti itu tidak disarankan karena akan menimbulkan dampak buruk untuk tubuh.

Mengapa demikian? Melansir nova.id, mencampur dua jenis makanan tersebut akan membuat gula darah cepat naik. Diketahui, mi instan mengandung karbohidrat dari tepung yang diolah berulang, ditambah lagi dengan nasi putih yang mengandung karbohidrat juga. Bila keduanya dimakan secara bersamaan, maka gula darah menjadi cepat naik. Selain itu, kebiasaan mengonsumsi mie instan dicampur nasi hanya akan membuat tubuh terisi karbohidrat yang akan diubah menjadi gula.

Akibatnya, tubuh akan kekurangan zat gizi lain seperti mineral, protein, vitamin, dan lemak. Kondisi ini akan menyebabkan sejumlah penyakit antara lain seperti diabetes serta penyakit lain yang berkaitan dengan peningkatan gula darah pun bisa datang lebih cepat.

Diketahui, satu bungkus mi instan porsinya bervariasi, yaitu sekira 75-90 gram. Jumlah kalori sebungkus mi pun akan berbeda-beda, umumnya sekira 350-500 kalori. Dalam mi instan dengan berat 85 gram, karbohidrat yang terkandung di dalamnya adalah 66 gram. Sedangkan dalam nasi, jika kita mengambilnya secentong penuh atau sekira 100 gram, jumlah karbohidratnya adalah 40 gram. ** Baca juga: Ini Alasan Saat Minum Disarankan Duduk

Yuk, tinggalkan kebiasaan makan nasi dengan ‘lauk’ mi instan agar tubuh terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru