oleh

Makam Megah Kaisar Pertama Tiongkok Berusia 2.200 Tahun Dipenuhi Harta Karun

Kabar6-Para arkeolog mengatakan, penemuan sebuah kompleks makam kaisar pertama Tiongkok, Qin Shihuang, di Xi’an, Ibu Kota Provinsi Shaanxi pada 1974, merupakan penemuan arkeologi paling menantang.

Makam megah berusia 2.200 tahun ini, melansir hitekno, dipenuhi dengan harta karun yang tidak ternilai harganya. Bahkan, kubah makam ini bertahtakan permata. Karena itulah makam kaisar pertama Tiongkok tersebut dibuat dengan sistem keamanan yang luar biasa, menakutkan sekaligus mematikan.

Makam kaisar terdiri dari tiga tingkat, dengan jebakan dan senjata mematikan serta busur panah, hingga kolam berisi merkuri beracun yang dapat membunuh dalam waktu singkat.

Istana dalam kompleks makam ini memiliki panjang 690 meter dan lebar 250 meter. Bangunan utama kompleks diyakini menjadi makam kaisar dan para pelayannya. Bagian luarnya terlihat gundukan tanah setinggi 76 meter yang tetap kering karena adanya sistem drainase kuno di sekitarnya.

Kompleks makam seluas 56 kilometer persegi dijaga patung tentara yang berbaris rapi dengan rupa dan raut wajah yang berbeda. Setidaknya, ada lebih dari 6.000 patung ditemukan.

Beberapa arkeolog mengonfirmasi, perangkap-perangkap mematikan yang ada di kompleks makam ini semuanya masih sangat aktif. Menurut mereka, perangkap itu dibuat untuk melindungi kompleks makam dari kerusakan.

Beberapa anak panah juga terpasang secara tersembunyi. Anak panah ini bisa langsung berfungsi jika ada perampok makam datang. Jadi sebelum berhasil menjarah, para perampok ini akan tewas seketika.

Sampel tanah yang berada di komplek makam juga mengandung level merkuri yang tinggi, hingga siapa pun penyusup yang nekat masuk akan tewas seketika. ** Baca juga: Lewat Rekonstruksi Digital, Peneliti Berhasil Dengarkan Suara Mumi Mesir Berusia 3.000 Tahun

Patung prajurit ini diduga sengaja disiapkan sang kaisar untuk menjaganya di alam baka. Dan tepat pada 1987 lalu, patung prajurit ini dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Namun hingga kini, pemerintah Tiongkok masih belum memutuskan untuk melakukan evakuasi makam kaisar tadi atau tidak.(ilj/bbs)

Berita Terbaru