oleh

Berenang Efektif Bantu Turunkan Berat Badan

Kabar6-Tidak hanya memberikan latihan kardio, berenang juga melatih semua otot tubuh, karena mengharuskan semua bagian tubuh untuk terus bergerak.

Menurut bernama seorang pelatih renang senior dan bersertifikat, bernama Kris Gagne, melansir womenshealth, berenang menjadi latihan kardiovaskular terbaik yang dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa memandang umur.

“Meskipun berenang tampaknya relatif keras dan kadang-kadang menakutkan, ini adalah salah satu latihan kardiovaskular terbaik yang bisa dilakukan segala usia,” jelas Gagne.

Ditambahkan, berenang juga merupakan latihan aerobik yang bisa membantu memperkuat otot jantung dan sendi. Hal ini karena air akan mendukung 90 persen dari berat tubuh. Selain itu, berenang juga dipercayai dapat menurunkan berat badan, karena ketika berenang setiap bagian tubuh bergerak.

Sebuah studi di Universitas Harvard memperkirakan, orang dengan berat badan 125 pound yang berenang gaya bebas atau kupu-kupu selama 30 menit dapat membakar 330 kalori. Sementara jika menggunakan gaya punggung, akan membakar sebanyak 240 kalori.

Jika ingin menurunkan berat badan lewat olahraga renang, Kris menyarankan, dapat melakukannya sebanyak tiga kali seminggu, selama 30 menit. Bagi pemula, Kris mengatakan untuk menggunakan gaya dada yang memiliki banyak manfaat. ** Baca juga: Bisakah Anda Berhenti Konsumsi Makanan Gorengan?

Namun perlu diingat, berenang bukan satu-satunya faktor yang menentukan penurunan berat badan. Rutinitas seperti diet sehat, mengatur kalori saat makan juga berpengaruh dalam proses penurunan berat badan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru