oleh

Libur Idul Adha, ASDP Pelabuhan Merak Siapkan 28 Kapal

Kabar6- Dalam upaya mengantisipasi lonjakan penumpang arus  mudik lebaran Idul Adha 2012, PT. ASDP Cabang Merak mengerahkan kapal sebanyak 28 unit selama 24 jam.

Di pelabuhan penyeberangan Merak diprediksi meningkat mulai H-3. Lonjakan diperkirakan bisa mencapai 5 hingga 10 persen dari hari biasanya.

Manager Pelayanan Pelabuhan PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Nana Sutisna mengatakan, berdasarkan pengalaman tahun lalu, lonjakan penumpang pada Hari Raya Idul Adha tidak terlalu banyak bila dibandingkan dengan Hari Raya Idul Fitri.

“Peningkatannya mungkin antara 5 persen hingga 10 persen,” ujar Nana kepada wartawan, Minggu (21/10).

Meski demikian, kata Nana, PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak telah mempersiapkan segala sesuatunya untuk menghindari kemungkinan membludaknya pemudik yang akan menyeberang ke Pelabuhan Bakauheuni, Lampung. Untuk itu, kata Nana, pihaknya telah menyiapkan kapal sebanyak 28 kapal yang siap beroperasi selama 24 jam tanpa henti.

“Kita juga siagakan kapal cadangan guna mengantisipasi kapal lainnya bila ada insiden,” tutur Nana.

Hingga saat ini, lanjut Nana, lonjakan penumpang belum terlihat signifikan. Penumpang masih terlihat normal. Untuk penumpang pejalan kaki masih berkisar 3.500 orang, sementara untuk kendaraan mencapai 2.400 lebih. “Masih normal belum ada lonjakan,” ungkapnya, seraya menegaskan tidak akan ada antrian kendaraan menjelang hari lebaran nanti di Pelabuhan Merak.(pk/sak)

Berita Terbaru