oleh

Lapas Kelas III Rangkasbitung Beri Pelatihan Usaha Peternakan bagi Warga Binaan

Kabar6- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Rangkasbitung memberikan pelatihan kepada warga binaan sebagai modal mereka kembali ke tengah-tengah masyarakat usai menjalani masa hukuman. Sebanyak 20 warga binaan mendapat pendidikan tentang kegiatan beternak. Dalam penyelenggaran pelatihan tersebut Lapas Rangkasbitung menggandeng Dinas Peternakan (Disnak).

“Harapan kami mereka memiliki skill, ilmu yang diperoleh dan menerapkannya setelah bebas. Jadi tidak bingung lagi mau apa setelah bebas karena sudah dibekali dengan keahlian yang didapat dari pelatihan-pelatihan,” kata Kepala Lapas Rangkasbitung, Budi Ruswanto, Selasa (11/8/2020).

Karenanya, peternakan saat ini bukan lagi jadi kegiatan biasa melainkan menjadi sebuah bisnis yang kompetitif.

“Pelatihan bukan saja menjadi ceremony kegiatan biasa. Kita sama-sama belajar dan memotivasi diri bahwa ada potensi-potensi untuk digali, potensi bisnis salah satunya di bidang peternakan,” ujar Kasi Kelembagaan Disnak Lebak, Nikmatul.

**Baca juga: Sawah di Lebak Alami Kekeringan, Petani Minta Dinas Pertanian Bertindak.

Dari pelatihan yang diberikan, motivasi warga binaan didorong untuk mau memulai bisnis sesuai dengan kapasitasnya masing-masing.

Pelatihan tersebut akan menyesuaikan dengan standar pelatihan dan dilakukan dengan metode teori dan praktik serta hasilnya dilakukan pengujian hingga warga binaan mendapatkan sertifikat keahlian. (Nda)

Berita Terbaru