oleh

Kota Turramurra di Australia Berubah Pink Saat Terjadi Kebakaran

Kabar6-Peristiwa tak biasa terjadi di perumahan mewah Kota Turramurra, sebelah utara Sydney, New South Wales, Australia. Kota itu mendadak berubah menjadi pink. Dari jalanan, atap rumah, hingga mobil semuanya berbalut warna pink.

Apa yang sebenarnya sedang terjadi? Melansir theguardian, warna pink itu ternyata adalah cairan penghambat api yang disiramkan dari pesawat atau helikopter. Sekali jalan, pesawat bisa menyiramkan hingga ratusan galon cairan tersebut. dijelaskan, cairan pink tersebut mengandung bahan kimia yang bisa mencegah api membesar.

Rupanya, cairan terpaksa disiramkan karena lahan di sekitar Turramurra telah menghitam dilahap si jago merah. Disebutkan, ribuan petugas pemadam di Australia berjuang memadamkan kebakaran hutan yang kian meluas.

Ada lebih dari 300 titik api terdapat di pantai timur Australia, tepatnya di negara bagian Queensland dan bagian utara New South Wales. Diperkirakan api telah membakar lebih dari 150 ribu hektare lahan.

Kebakaran telah mencapai wilayah pinggiran kota Sydney. Kota Sydney diselimuti kabut asap, membuat kualitas udara memburuk bagi manusia. ** Baca juga: Wow! Sebuah Teko Antik dari Era Kaisar Qianlong Terjual Seharga Rp18 Miliar

Para ahli cuaca di Australia memperkirakan suhu akan mencapai 40 derajat Celcius dan angin berkecepatan hingga 80 kilometer per jam.(ilj/bbs)

Berita Terbaru