oleh

Kota Tangerang Sabet IGA 2012 dari Kemendagri

Kabar6-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dianugerahi Penghargaan Innovative Govermnet Award (IGA) tahun 2012 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI untuk katagori Pelayanan Publik.

Penghargaan diserahkan Sekretaris Jenderal Kemendagri RI Diah Anggraeni dan diterima oleh Wakil Wali Kota Tangerang H.Arief Wismansyah, di Studio 7 Televisi Republik Indonesia (TVRI) Jalan Gerbang Pemuda Jakarta Selatan, Jum’at (07/12/2012).

IGA award tahun 2012 karena Pemkot Tangerang dinilai berhasil mengembangkan program inovatif dalam meningkatkan pelayanan dan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, lewat program jaminan kesehatan gratis atau yang dikenal dengan program Multiguna.

Sedianya, program Multiguna yang mulai digelontorkan sejak tahun 2008 lalu itu ditujukan bagi masyarakat rentan miskin dan miskin.

Namun kemudian, program terus ditingkatkan hingga pada tahun 2012 Pemkot Tangerang menganggarkan dana APBD Rp. 50 miliar untuk membeck up pelayanan kesehatan seluruh masyarakat Kota Tangerang.

Program kesehatan dimaksud mencakup masyarakat ekonomi bawah, menengah hingga atas, agar bisa menikmati pelayanan berobat gratis di 32 rumah sakit yang telah bekerjasama dengan Pemkot Tangerang.

Pemkot Tangerang merupakan peringkat pertama dan menjadi pemenang untuk katagori pelayanan publik menyisihkan dua nominator lainya, yakni Kabupaten Balangan Provinsi Kalimantan Selatan dan Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Penghargaan IGA merupakan penghargaan bagi Kabupaten dan Kota se Indonesia yang mempunyai program inovasi untuk kemajuan daerah, masing-masing 4 kategori yaitu kategori tata kelola pemerintahan, kategori pelayanan publik, kategori pemberdayaan masyarakat dan peningkatan daya saing daerah.

Proses penilaiannya pun dilakukan melalui enam tahap yang dimulai dari identifikasi Kabupaten/Kota yang memilki program inovatif sampai dengan tahap akhir pemilihan 8 nominator dan 4 pemenang IGA.

Selain Kota Tangerang, Kabupaten/Kota yang menjadi pemenang IGA tahun 2012 yakni Kota Banda Aceh untuk kategori tata kelola pemerintahan, Kabupaten Ponorogo kategori pemberdayaan masyarakat dan Kabupaten Sumedang kategori daya saing daerah.

Sedangkan delapan Kabupaten/Kota yang menjadi nominator adalah, Kabupaten Lampung Barat, Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Balangan, Kota Mataram, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantaeng.

Penghargaan IGA dibarengi dengan acara talk show dengan menghadirkan Sekjen Kemendagri RI dan para pemenang IGA tahun 2012.

Dalam kesempatan tersebut, Sekjen Kemendagri RI memberikan apresiasi dan mengucapkan terhadap Kabupaten/Kota yang telah berhasil melakukan program inovatif karena menurutnya bahwa program inovasi merupakan salah satu terobosan dan langkah strategis dalam meningkatkan pelayanan dan mewujudkan kesejahteraan mayarakat.

Ditambahkannnya, bahwa Kemendagri RI terus memberikan pembinaan kepada Kabupaten/Kota yang telah berhasil membuat program inovasi, karena penilaian tahap awal Kemendagri telah mengidentifikasi sebanyak 108 Kabupaten/Kota yang memilki program inovasi.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Arief R Wismansyah mengatakan bahwa Pemkot Tangerang melalui Kepala Daerahnya Wali Kota Tangerang H. Wahidin Halim terus berkomitmen dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat diantaranya bidang kesehatan.

Program multiguna yang dikembangkan menjadi pelayanan kesehatan gratis sangat banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kota Tangerang, karena dengan hanya memiliki KTP dan Kartu Keluarga, masyarakat sudah dapat dilayani di 32 rumah sakit yang bekerjasama dengan Pemkot.

“Dengan dana Rp. 50 miliar Pemkot tidak membatasi jumlah minimal dan maksimal, jadi berapa saja biayanya Pemkot akan membayarnya,” ujarnya.(hms/tom migran)

Berita Terbaru