oleh

Kosmetik Ala Pabrik Berkedok Apotik di BSD Diduga Sudah Beredar Luas

Kabar6-Produksi pabrik kosmetik ilegal berkedok apotik di kawasan Bidex, Bumi Serpong Damai (BSD), Kecamatan Serpong, Kota Tangerang selatan (Tangsel) yang digerebek Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Banten, Selasa (22/10/2013), ditengarai sudah beredar luas.

Pasalnya, dari hasil pemeriksaan terungkap bahwa pabrik kosmetik tersebut sudah beroperasi selama 3 tahun atau sejak tahun 2010 lalu.

“Tidak tertutup kemungkinan kosmetik hasil produksi pabrik itu sudah beredar luas se wilayah Indonesia. Karena, pabrik itu sendiri diketahui sudah beroperasi selama tiga tahun,” ujar Kepala BPOM Provinsi Banten, Rostiawati.

Rostiawati memastikan bahwa kosmetik yang diproduksi di apotik tersebut mengandung bahan berbahaya. Dan, jika tetap digunakan, bisa membawa efek negatif pada kulit manusia.

Sedangkan jenis kosmetik yang diproduksi diantaranya adalah jenis pemutih, pembersih wajah hingga masker. “Jika tetap digunakan, maka kosmetik ini bisa membahayakan kulit,” ujar Rostiawati. Baca juga: Pabrik Kosmetik Berkedok Apotik di BSD Digerebek BPOM.

Dari lokasi tersebut, petugas BPOM Provinsi Banten menyita 1 truk kosmetik, baik yang sudah berbentuk hasil produksi maupun bahan baku. Meski demikian, puluhan karyawan pabrik kosmetik ilegal yang umumnya wanita itu tetap dibebeaskan.(rani)

Berita Terbaru