oleh

Kompetisi Kimia di Perancis, Pelajar SMAN 2 Tangsel Raih Perunggu

Kabar6-Bayu Dwi Putra, pelajar kelas XII SMA Negeri 2 Tangerang Selatan (Tangsel) sukses meraih prestasi membanggakan. Ia berhasil meraih medali perunggu dalam kejuaraan bergengsi 51st IChO (International Chemistry Olympiad) di Paris,
Perancis.

“Setelah mengikuti proses lomba yang panjang dan melelahkan, bersyukur tim Indonesia termasuk peserta didik kami berhasil juara,” kata Kepala SMA Negeri 2 Tangsel, Neng Nurhemah, Selasa (30/7/2019).

Ia menjelaskan, kompetisi bergengsi bidang kimia ini digelar di Pierre-Gilles de Gennes High School, Paris. Kemampuan peserta olimpiade kimia diuji dalam penguasaan teori dan keterampilan praktikal di laboratorium.

Neng bilang, Bayu terpilih melalui proses seleksi berjenjang yang sangat ketat. Dari dari 30 siswa hasil OSN 2018 di Kota Padang. Ia mengikuti tiga tahapan proses seleksi dengan total waktu pelatihan, pembinaan dan seleksi selama 8 minggu.

Selama proses pelatihan, instruktur atau mentor pelatihan untuk siswa calon peserta olimpiade diberikan oleh staf pengajar dari Departemen Kimia FMIPA-ITB dan Departemen Kimia – FMIPA UI. Program pelatihan yang dilakukan disesuaikan dengan materi dalam Silabus IChO serta silabus teori dan praktek yang disusun
oleh steering Committe IChO 51st.

“Sebagian besar materi tersebut belum atau bahkan tidak pernah diberikan di tingkat SMA di Indonesia,” ujarnya.

**Baca juga: Pengesahan APBD-Perubahan di Tangsel Diprediksi Akhir 2019.

Kompetisi 51st IChO tahun 2019 ini dikuti oleh pelajar dari 80 negara dari seluruh dunia, ditambah enam negara sebagai observer (tanpa mengikutsertakan siswa). Yaitu, Bangladesh, Egypt, Mali, Oman, Sri Lanka, Trinidad dan Tobago.

Neng berharap, dengan keikutsertaan siswa Indonesia dalam ajang ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing global mereka yang bisa tertular kepada pelajar lainnya. “Serta dapat mengapresiasi ilmu kimia melalui kompetisi yang fair dan pengalaman kerjasama dengan perserta lainnya dari berbagai negara,” tambah Neng.(yud)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru