oleh

Komisi V DPR Minta Pembangunan Waduk Karian Dikebut

Kabar6-Pemerintah menargetkan 65 bendungan dan waduk bisa terbangun di seluruh Indonesia. Salah satunya Waduk Karian yang lokasinya berada di Kabupaten Lebak.

Waduk yang memiliki kapasitas 314 juta meter kubik air tersebut mulai dibangun sejak pertengahan tahun 2015 lalu.

Melihat progres pembangunannya yang sudah berjalan selama 5 tahun, Komisi V DPR RI meminta pembangunan Waduk Karian bisa lebih dipercepat.

“Dua tujuan pentingnya kan mereduksi banjir dan bahan baku untuk DKI Jakarta dan Banten. Kalau kita lihat proses pembangunannya sekarang, kami harap lebih dipercepat,” kata Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ridwan Bae kepada wartawan, di Pendopo Bupati Lebak, Rangkasbitung, Kamis (20/2/2020).

Jika masih terdapat beberapa persoalan, Ridwan meminta agar balai segera berkoordinasi dengan Kementerian PUPR untuk mengambil upaya dan langkah-langkah konkret untuk meminimalisir keterlambatan-keterlambatan.

“Karena kalau kita dengar dari kepala balai, hampir saja Banten ini tenggelam. Untung walaupun belum terlalu kelar tapi sudah ada itu bendungan dan bisa mengatasi masalah banjir,” ujar Ridwan.

**Baca juga: Dinas PUPR Lebak Prioritaskan Perbaikan Jembatan Cibereum.

Terkait dengan persoalan yang masih terdapat dalam pembebasan lahan, Ridwan meminta agar bupati Lebak dan gubernur Banten terlibat aktif membantu Kementerian PUPR.

“(Persoalan) pembebasan tanah di mana-mana selalu terjadi. Ini bisa diselesaikan dengan baik tentu bekerja sama dengan pemerintah daerah, tidak bisa juga diserahkan penuh ke pusat karena yang tahu kebutuhan, kultur dan sifat masyarakatnya ya pemerintah daerah,” beber Ridwan.(Nda)

Berita Terbaru