oleh

Ketahui Perbedaan Penggunaan Kompres Air Es dan Air Hangat

Kabar6-Salah satu cara tercepat untuk sembuh dan menghilangkan rasa sakit akibat terbentur meja, terjatuh atau bengkak, adalah dengan mengompres bagian tubuh yang memar tersebut.

Diketahui, tubuh mengalami memar dan bengkak adalah bentuk reaksi tubuh sebagai pertahanan diri. Ada yang mengompres menggunakan air es, namun ada juga yang yang memakai air hangat.

Namun tahukah Anda, penggunaan air es dan air hangat untuk mengompres sebenarnya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Melansir clevelandclinic, penggunaan dua jenis kompres itu tergantung dari sakit apa yang Anda derita. Ini penjelasannya:

1. Kompres air es
Digunakan untuk meredakan bengkak dan kaku karena asam urat, memar (meredakan kebas dan pembengkakan), dan tendinitis (iritasi akut setelah beraktivitas berat pada sendi seperti bahu, siku, lutut, pergelangan tangan dan pergelangan kaki).

Es akan menyempitkan pembuluh darah, yang menyebabkan mati rasa, meredakan inflamasi dan bengkak. ** Baca juga: Posisi Tidur Bisa Pengaruhi Kesehatan?

2. Kompres air hangat
Digunakan untuk meredakan arthritis, sakit kepala, kram otot (menghilangkan sisa memar karena pembengkakan), dan tendinosis (iritasi kronis dan mati rasa pada otot). Air hangat akan melebarkan pembuluh dan meningkatkan aliran darah, cocok untuk meredakan kram otot dan keseleo.

Hal yang perlu diingat, jangan sampai salah menggunakan air kompresan. Gunakan air hangat untuk mengompres luka akut karena justru akan memperparah rasa sakit dan menghambat penyembuhan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru