oleh

Kenali Makanan dan Minuman yang Bisa Pengaruhi Kinerja Obat Saat Dikonsumsi

Kabar6-Umumnya saat minum obat, Anda disarankan mengonsumsinya setelah makan. Setiap obat memang memiliki dosis serta cara mengonsumsi yang tepat agar manfaatnya maksimal.

Namun beberapa makanan dan minuman ini, melansir Womantalk, justru tidak baik dikonsumsi bersamaan dengan obat, karena bisa memengaruhi kinerja di dalam tubuh. Apa sajakah makanan dan minuman yang dimaksud?

1. Jeruk Bali
Buah ini mengubah cara sel-sel di usus menyerap dan memindahkan obat ke seluruh tubuh Anda. Obat yang sebaiknya tidak diminum berbarengan dengan jeruk bali bahkan jumlahnya hingga lebih dari 50 jenis, seperti fexofenadine untuk alergi dan obat penurun kolesterol seperti atorvastatin.

2. Susu
Susu dan produk olahannya dapat mempersulit tubuh untuk memproses antibiotik tertentu, yang disebabkan oleh kalsium susu dan bersamaan dengan protein kasein. Jadi, jika Anda mengonsumsi antibiotik, pastikan mencari tahu tentang makanan atau minuman yang harus Anda hindari.

3. Cokelat
Khususnya cokelat hitam yang dapat melemahkan efek obat untuk menenangkan atau membuat tidur. Cokelat juga dapat meningkatkan kekuatan beberapa obat stimulan, seperti methylphenidate, dan jika Anda menggunakan obat untuk mengobati depresi, makanan ini dapat membuat tekanan darah Anda sangat tinggi.

4. Alkohol
Minum obat dengan alkohol membuat beberapa obat tertentu kurang efektif atau bahkan tidak berkhasiat sama sekali, seperti obat tekanan darah dan jantung. Namun juga sebaliknya, alkohol dapat membuat kinerja obat lebih kuat dari yang seharusnya dan menyebabkan efek samping berbahaya.

5. Kopi
Minum kopi sebelum atau sesudah minum obat dapat melemahkan obat antipsikotik, seperti lithium dan clozapine, aspirin, epinefrin yang digunakan untuk mengobati reaksi alergi serius, serta albuterol untuk masalah pernapasan.

Minuman ini juga dapat mempersulit tubuh untuk menyerap khasiat obat yang Anda minum. ** Baca juga: Ada 4 Penyebab Mengapa Tubuh Lemas Saat Diet

Jadi, perhatikan lagi makanan atau minuman Anda sebelum mengonsumsi obat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru