oleh

Ada 4 Penyebab Mengapa Tubuh Lemas Saat Diet

Kabar6-Menjalani program diet bukanlah hal mudah. Hal itu salah satunya karena kebiasaan makan sehari-hari tanpa memperhatikan porsi, atau jajan di luar rumah.

Di sisi lain, banyak orang yang mengeluh tubuhnya menjadi lemas sekaligus pusing saat sedang menjalani program diet. Mengapa hal ini bisa terjadi? Melansir Beautynesia, ini empat penyebab tubuh lemas saat diet:

1. Kekurangan karbohidrat
Karbohidrat adalah asupan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh, dan menjadi sumber energi utama dalam tubuh. Menjalani program diet memang mengharuskan Anda mengurangi konsumsi terhadap makanan yang mengandung karbohidrat.

Alhasil, banyak orang yang tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali. Padahal, jika tubuh kekurangan asupan karbohidrat, akan menyebabkan gula darah rendah sehingga tubuh menjadi lemas hingga pusing. Saat diet, Anda harus mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang tak berlebihan. Dengan begitu, tubuh akan memperoleh sumber energi.

2. Tidak makan dalam jangka waktu lama
Banyak orang menganggap, makan dengan jeda yang lama akan cepat menurunkan berat badan. Padahal, anggapan seperti ini justru salah. Tak makan terlalu lama justru membuat metabolisme melambat dan sistem tubuh tak dapat bekerja untuk membakar kalori.

Tak hanya itu, tubuh juga akan lemas dan pusing. Jadi, agar diet sukses tetaplah makan namun dalam porsi kecil dan sering. Usahakan makanan yang mengandung nutrisi seperti sayuran dan buah-buahan.

3. Kurang minum air putih
Minum air putih sangat penting bagi kesehatan karena tubuh terdiri dari 60 persen air. Jadi jika dalam menjalani program diet, kekurangan asupan air putih dalam tubuh akan menyebabkan lemas dan pusing.

Biasanya saat menjalani diet, seseorang memiliki jeda waktu makan yang lama, dan ini justru membuat mereka juga lupa untuk minum air putih. ** Baca juga: Ketahui Efek Samping Konsumsi Vitamin Secara Berlebihan

4. Kekurangan kalori
Banyak orang yang enjalani program diet rendah kalori. Padahal, kalori juga dibutuhkan tubuh agar bisa beraktivitas. Kekurangan kalori secara berlebihan akan membuat tubuh lemas dan pusing. Agar berat badan tak naik, batasi konsumsi kalori secara wajar dan rajin olahraga.

Diet bukan berarti menyiksa diri.(ilj/bbs)

Berita Terbaru