oleh

Kementerian PUPR Lakukan Uji Coba Jalan Amblas

Kabar6-Kementerian PUPR bersama pihak kepolisian setempat melakukan uji coba pada lokasi jalanan yang amblas di Jalan Daan Mogot, Tangerang, yang masih dalam tahap perbaikan setelah amblas pada Sabtu, (11/1/2020) lalu.

Pejabat Pembuat Komitmen Kementrian PUPR Euis Rahayu mengatakan, uji coba jalan tepatnya dibawah Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) SDN Inpres Tanah Tinggi, Kota Tangerang tersebut bertujuan untuk melihat sejauh mana kekuatan jalan usai dilakukan perbaikan. Dimana, dalam kontruksinya, jalanan itu telah dilapisi dua lapis baja.

“Saat ambles itu, kita lakukan pembongkaran hingga dua lajur dan sekarang satu lajur sudah selesai, yang artinya secara bertahap kita lakukan uji coba untuk melihat kekuatannya. Kemudian, jika selama uji coba ini kotruksinya kuat, tentu kita akan beralih membenahi satu lajut lagi yang belum tertutup,” katanya, Kamis (16/1/2020).

Menurutnya, jalan yang rusak dari arah Jakarta menuju Tangerang itu akan benar-benar pulih dalam waktu beberapa hari lagi sesuai target pertama yakni tujuh hari pengerjaan. Nantinya, pengerjaan akan dilanjutkan ke jalur sebaliknya yang mengarah ke Jakarta dari Tangerang.

“Nanti setelah selesai jalur arah Tangerang, kita akan pindah perbaiki jalur arah Jakarta. Karena, seperti hasil pengecekan kita, tanah ini mengalami pergeseran cukup panjang, hingga kalau tidak dibenahi semua, tentu khawatir akan ambles lagi dan itu harus kita antisipasi,” ujarnya.

**Baca juga: Kota Tangerang Gelar Tes Seleksi Kompetensi Dasar CPNS, Diikuti 10. 731 Peserta.

Hal itu pun telah dikoordinasikan pula dengan kepolisian setempat untuk tetap menjaga arus lalu lintas disini tetap aman dan lancar. Pada proses uji coba itu, jalan yang telah diperbaiki dilalui oleh kendaraan roda dua, empat serta, kendaraan bertonase berat.

Diketahui, pada Sabtu, 11 Januari 2020, jalan nasional yang menjadi jalur penghubung antara Tanngerang dan Jakarta ini ambles sedalam 2,5 meter dengam diameter 3 meter. Amblesnya jalan tersebut diakibatkan adanya pergeserah tanah.(Vee)

Berita Terbaru