Jari Kaki Diamputasi Gara-gara Perawatan Spa Ikan

Victoria Curthoys harus merelakan jari-jari kakinya diamputasi.(metro.co.uk)

Kabar6-Victoria Curthoys tidak pernah menyangka kalau fish spa yang dilakukan saat berlibur ke Thailand harus membuat wanita itu kehilangan salah satu anggota tubuhnya.

Berawal ketika Victoria yang berasal dari Australia itu, melansir Wolipop, mengalami infeksi tulang akibat menginjak kaca pada 2006 silam. Dokter lantas mengamputasi kedua jari kakinya untuk menghentikan infeksi. Empat tahun kemudian, saat berlibur di Thailand, Victoria penasaran dengan perawatan pedikur ikan yang bisa membersihkan kulit mati di kaki.

Siapa sangka, air tawar dalam kolam yang berisi ikan tersebut ternyata telah terinfeksi dengan penyakit waterborne (penyakit yang ditularkan melalui media air). Bakteri di air tersebut kembali melukai luka bekas operasi sebelumnya.

Victoria pun mengalami demam sekaligus sakit yang berkepanjangan, dan didiagnosa mengalami infeksi tulang. Dokter lantas mengamputasi satu demi satu jari kaki wanita itu sejak 2012. Hingga pada November 2017, dokter mengamputasi jari terakhirnya. ** Baca juga: Ditemukan 3 Spesies Baru Ikan Siput di Samudra Pasifik

Musibah itu menggerakkan Victoria untuk memperingatkan orang-orang agar waspada dengan spa kaki menggunakan ikan. “Dengan memposting foto kakiku di Instagram, aku berharap bisa meningkatkan kepercayaan diriku dan memiliki dampak positif bagi orang lain yang mungkin tidak bahagia dengan jari atau kakinya setelah diamputasi,” kata Victoria.(ilj/bbs)