oleh

Jangan Sepelekan Coretan Pada Kertas

Kabar6-Seringkali apabila sedang iseng, marah, bahkan stres, secara tidak sengaja kita mencorat-coret kertas dengan gambar atau objek tertentu.

 

Coretan itu sering disebut doodle, yaitu gambar tidak fokus atau tidak sadar yang dibuat saat perhatian seseorang sedang beralih ke suatu hal.

 

Mungkin bagi sebagian besar orang, doodle tidak bermakna apa-apa. Namun tahukah Anda jika doodle memiliki beberapa manfaat?

 

Apa sajakah itu?

 

1. Menurut seorang profesor filsafat dari University New York Graduate Center, Jesse Prinz, doodle dapat membuat seseorang menjadi lebih fokus. Saat melakukan doodle, seseorang membutuhkan konsentrasi yang baik. Karena itulah, doodle dapat membuat seseorang menjadi lebih fokus dan jauh lebih produktif.

 

2. Doodle berfungsi untuk mengetahui masalah dalam diri sendiri, salah satunya saat kita sedang mengalami stres. Selain itu, doodle akan membantu kinerja seseorang menjadi lebih baik. Karena itulah, doodle dapat membuat seseorang menjadi rileks, dan terapi untuk mengatasi stres. ** Baca juga: Makanan Penghalau Racun Dalam Tubuh

 

3. Dalam sebuah penelitian disebutkan, bahwa seseorang yang menelepon sambil mencorat-coret secara spontan (doodle), mampu mengingat informasi sebanyak 29 persen lebih baik dibandingkan seseorang yang hanya mencatat seperti biasanya. Artinya, doodle dapat meningkatkan kecerdasaan otak, sekaligus membantu meningkatkan konsentrasi menjadi lebih baik.

 

4. Secara tidak langsung, doodle dapat membuat Anda menjadi lebih kreatif.

 

5. Doodle membantu Anda mengurangi pikiran negatif yang dapat membunuh ide-ide cemerlang.

 

Jadi, jangan pernah menyepelekan coretan Anda, karena coretan itulah yang mengasah Anda untuk lebih kreatif. (ilj/bbs)

Berita Terbaru