oleh

Jangan Abaikan 6 Tanda Fisik yang Bantu Anda Panjang Umur

Kabar6-Meskipun terdengar mengerikan, sejumlah tanda fisik yang terjadi pada tubuh disebut bisa menjadi indikasi bahwa Anda kemungkinan bisa meninggal dunia lebih awal.

Kematian adalah takdir dan tak bisa dihindari. Namun, ada usaha sekaligus cara agar kita bisa tetap lebih sehat, salah satunya dengan memerhatikan gaya hidup. Melansir Tabloidbintang, berikut tanda-tanda fisik yang perlu mendapat perhatian khusus:

1. Indeks Massa Tubuh
Bila kita ingin hidup hingga berusia di atas 60 atau 70 tahun, jagalah kondisi fisik dengan serius. Perhatikan indeks massa tubuh (BMI) dan jagalah agar tetap ideal. Obesitas adalah salah satu penyebab kematian terbanyak.

2. Kuku
Jangan abaikan kuku, meski kelihatannya sepele. Kuku yang terlihat kusam atau ada bercak adalah indikator bahwa ada masalah kesehatan serius pada tubuh.

3. Penciuman
Penciuman sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Seiring dengan bertambahnya usia, daya penciuman juga akan menurun. Hasil penelitian sering menyebutkan, kehilangan daya cium adalah tanda-tanda bahwa kematian sudah dekat, biasanya tak lebih dari lima tahun.

4. Kepalkan tangan
Apakah Anda tanpa sadar sering mengepal kuat-kuat? Menurut penelitian, kebiasaan ini adalah pertanda adanya masalah pada jantung. Cobalah memeriksakan kondisi ke dokter.

5. Pendidikan
Percaya atau tidak, tingkat pendidikan ternyata juga bisa berpengaruh pada panjang pendeknya umur. Menurut penelitian di Amerika Serikat, makin tinggi kita menuntut ilmu bukan hanya makin banyak gelar yang kita peroleh, tapi juga memperpanjang kemungkinan hidup.

Hal ini karena makin tinggi pendidikan, biasanya berujung pada makin baik pekerjaan dan makin banyak uang yang bisa diperoleh, sehingga stres makin menjauh dan kita juga bisa mencukupi kebutuhan akan makanan bergizi.

6. Bau napas
Seperti kondisi kuku yang buruk, bau napas yang tidak sedap juga menjadi penanda adanya masalah kesehatan serius. Napas tak sedap biasanya menjadi petunjuk bahwa orang tersebut menderita kanker atau infeksi dalam berbahaya lain. ** Baca juga: Berapa Banyak Asupan Protein yang Diperlukan Tubuh?

Jaga kesehatan dengan gaya hidup sehat serta pola makan seimbang, dan jangan abaikan sejumlah tanpa tak biasa pada tubuh. Segera periksakan diri ke dokter apabila merasa ada yang tidak beres pada kondisi kesehatan Anda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru