oleh

Jaga Daya Tahan Tubuh Agar Tidak Tertular Orang Terdekat yang Sedang Sakit

Kabar6-Saat ada teman atau keluarga menderita flu, batuk, atau pilek, tak lama kemudian Anda akan terserang penyakit yang sama. Kondisi ini terjadi karena virus dan bakteri penyebab penyakit mudah menular.

Bakteri dan virus penyebab penyakit memang bisa datang dari mana saja. Tetapi ketika orang terdekat sakit, hal ini akan membuat Anda lebih rentan terkena penyakit tersebut.

Bagaimana solusinya? Sebenarnya ada banyak kebiasaan harian yang ternyata bisa membuat sistem imun Anda lebih kuat, meski orang terdekat sedang sakit. Melansir Hellosehat, berikut cara agar daya tahan tubuh tetap terjaga:

1. Cuci tangan lebih sering
Salah satu tips menjaga kesehatan saat orang terdekat sedang sakit adalah lebih rajin mencuci tangan. Hal ini disebabkan saat orang terdekat sakit, kuman dan virus akan lebih banyak di sekitar Anda.

Sementara, tangan adalah bagian tubuh yang sering Anda gunakan untuk makan, menyentuh wajah, menyeka hidung, dan masih banyak lagi.

Akibatnya, jika kedua tangan Anda kotor, virus akan mudah masuk ke dalam tubuh. Dengan mencuci tangan lebih rajin dari biasanya, Anda bisa mengurangi kesempatan kuman dan virus menyerang tubuh.

2. Tidur tepat waktu
Kurang tidur dapat mempengaruhi sistem imun, sehingga tubuh lebih mudah terjangkit virus penyakit. Salah satu tips yang bisa Anda lakukan adalah tidur tepat waktu. Idealnya, waktu tidur yang tepat adalah tujuh jam. Jadi pastikan bahwa Anda tidur selama tujuh jam setiap harinya.

3. Perbanyak makanan yang mengandung vitamin tinggi
Salah satu tips untuk menjaga kesehatan dan mempertahankan sistem imun adalah rajin mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar. Kebanyakan vitamin dapat membuat sistem imun Anda lebih kuat, misalnya saja vitamin C, vigtamin B6, dan vitamin E.

Nah, hampir semua sumber vitamin bisa Anda dapatkan dari berbagai macam buah, sayur, dan kacang-kacangan. Pastikan Anda mengonsumsi beragam buah dan sayur dengan warna serta jenis yang berbeda.

4. Menjaga jarak dengan orang sakit
Sekalipun orang yang sakit adalah orang terdekat, mau tidak mau Anda harus menjaga jarak dengannya. Bahkan jika harus merawatnya, Anda sebaiknya tahu batasan mana Anda bisa berdekatan dengannya.

Hal ini menjadi salah satu tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan diri jika memang tidak ingin jatuh sakit juga.

Jika perlu dan memungkinkan, pisahkan kamar tidurnya dengan semua penghuni rumah, termasuk Anda. Selain mencegah penyebaran kuman penyakit, hal ini juga membantunya cepat pulih karena bisa beristirahat dengan lebih tenang tanpa ada gangguan.

5. Pisahkan peralatan rumah tangga yang digunakan oleh orang sakit
Untuk mencegah penyebaran virus penyakit, khususnya di dalam rumah, Anda juga sebaiknya jangan menggunakan peralatan pribadi dan rumah tangga bersama-sama dengannya. Contohnya seperti handuk, kain lap, gelas, piring, serta sendok garpu.

Jika Anda memiliki beberapa kamar mandi di rumah, pisahkan pula kamar mandi yang digunakan oleh orang sakit dengan penghuni rumah lainnya. ** Baca juga: Pola Makan yang Harus Diperhatikan Sebelum Olahraga Lari Bagi Pelaku Diet

Jaga kebersihan dan kesehatan Anda agar daya tahan tubuh tetap kuat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru