oleh

‘Istirahat’ Pakai Riasan Wajah Ternyata Punya Sejumlah Keuntungan

Kabar6-Sebagian wanita gemar merias diri atau bermake-up agar tampak lebih cantik dan segar. Ada sejumlah kosmetik dengan berbagai fungsi yang dapat ‘mengoreksi’ kekurangan pada wajah, sehingga Anda tampil mendekati sempurna.

Tak jarang, beberapa orang menggunakan make up karena merasa tak percaya diri dengan wajah asli mereka. Namun di sisi lain, kulit wajah pun tetap butuh ‘bernapas’. Karena itulah ada saatnya Anda sebaiknya ‘istirahat’ memakai riasa wajah.

Mengapa begitu? Melansir Halodoc, ada sejumlah keuntungan saat wajah istirahat dari sapuan make up. Apa sajakah itu?

1. Kulit bernapas lega
Kulit wajah juga butuh beristirahat dari bahan-bahan kimia make up. Itu sebabnya setelah menggunakan make up, Anda perlu membersihkannya agar kulit bisa segera bernapas.

Apabila jika digunakan terus menerus, lapisan make up pada wajah bisa menyumbat pori-pori dan mengganggu sirkulasi oksigen di wajah yang bisa memicu munculnya jerawat.

2. Pori-pori tersamarkan
Saat Anda tidak menggunakan make up, pori-pori akan bernapas dengan baik sehingga tidak membesar, bertambah, dan wajah tampak lebih halus. Jadi, apabila Anda memiliki keluhan dengan pori-pori wajah, maka perlu menyediakan waktu tanpa make up agar kulit wajah dan pori-pori bisa bernapas.

3. Kerutan berkurang
Jika digunakan saat tidur, polusi dan make up di wajah bisa meresap ke pori-pori kulit dan menghambat kerja kolagen, yaitu protein yang berperan untuk menunda proses penuaan pada kulit, serta elastin kulit atau jaringan tubuh yang berperan untuk menjaga kekencangan kulit.

Itu sebabnya kebiasaan pakai make up saat tidur bisa mempercepat proses penuaan kulit yang ditandai dengan munculnya garis-garis halus dan keriput pada wajah.

4. Kurangi risiko infeksi dan alergi
Tanpa disadari, riasan pada mata (seperti eyeliner dan maskara) juga bisa menimbulkan infeksi. Ini karena tabung maskara menyimpan kuman dan bakteri yang dapat mengiritasi mata dan memicu infeksi seperti konjungtivitis.

Karena alasan inilah Anda tidak dianjurkan untuk menggunakan alat kosmetik khusus mata secara bergantian. Bahkan, jika tidak terbiasa menggunakan make up, bahan kimia yang terkandung di dalamnya juga bisa memicu alergi yang ditandai dengan munculnya rasa gatal, kemerahan, bahkan luka bakar.

5. Kulit lebih sehat
Tumpukan bahan kimia pada make up bisa menghambat proses regenerasi kulit, sehingga membuat wajah tampak kering dan kusam. Jadi, Anda perlu membiarkan kulit wajah bernapas lega tanpa make up.

Hal ini bisa mengoptimalkan proses regenerasi sel kulit wajah dan membuat kulit wajah tampak segar dan awet muda. ** Baca juga: Pakar Diet Anjurkan, Bakar Lemak Tubuh dengan Konsumsi Lemak

Apabila sering menggunakan make up, sebaiknya lebih ekstra dalam merawat kulit, misalkan dengan mengonsumsi vitamin khusus untuk kesehatan kulit.(ilj/bbs)

Berita Terbaru