oleh

Pakar Diet Anjurkan, Bakar Lemak Tubuh dengan Konsumsi Lemak

Kabar6-Banyak penelitian yang mengungkapkan pentingnya lemak untuk tubuh. Artinya, tidak semua lemak harus dihindari. Bahkan, beberapa pakar diet dunia menganjurkan, jika ingin membakar lemak sebaiknya Anda makan lemak.

Tubuh manusia mengatur sekresi hormon dan produksi enzim berdasarkan makanan yang dikonsumsi. Ketika Anda mengonsumsi karbohidrat, melansir dokter.id, maka tubuh akan menggunakannya sebagai sumber energi, dan menyimpan sisanya dalam sel-sel lemak. Termasuk juga ketika Anda mengasup protein, maka tubuh akan menggunakannya sebagai bahan baku pembentuk sel dan jaringan otot.

Saat Anda mengonsumsi lemak, tubuh dapat langsung melakukan metabolisme lemak dengan segera. Proses metabolism lemak akan menghasilkan zat keton yang akan disimpan dalam hati. Ketika tubuh tidak memiliki cukup glukosa, hati (liver) akan mengubah lemak menjadi asam keton, yang digunakan sebagai bahan bakar oleh otot.

Sebuah penelitian mengungkapkan jika Anda dapat membakar lemak dengan lemak. Tentu hasil penelitian ini membutuhkan lebih dari sekadar makan lemak untuk membakar lemak, tapi mengurangi asupan karbohidrat juga menjadi faktor penting untuk menurunkan berat badan, termasuk memilih asupan lemak yang tepat dan sehat.

Diketahui, karbohidrat dapat memicu pelepasan insulin, yaitu hormon yang mengatur dan mengendalikan gula darah. Insulin juga berperan dalam perkembangan sel-sel dalam tubuh. Termasuk sel-sel otot dan lemak.

Lantas, apa saja sumber lemak sehat untuk menurunkan berat badan?

1. Ikan
Jenis-jenis ikan berlemak yang baik untuk dikonsumsi adalah ikan salmon, tuna, dan sarden. Ikan-ikan ini memiliki kandungan asam lemak Omega-3 yang sangat tinggi dibandingkan jenis ikan lainnya.

Jenis lemak tak jenuh ini bermanfaat untuk membantu mengontrol tekanan darah dan mengurangi pembekuan darah, juga membantu menurunkan kolesterol darah. Untuk itu disarankan untuk memasukkan jenis ikan ini dalam menu Anda.

2. Kacang-kacangan
Kacang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jika dimasukkan sebagai bagian dari menu makan sehari-hari Anda. Lemak yang terkandung dalam kacang-kacangan adalah jenis lemak tak jenuh, sehingga dapat membantu Anda mengurangi kadar kolesterol tubuh.

Almond, kacang mete, kacang tanah, dan hazelnut merupakan sumber yang baik dari jenis lemak tak jenuh tunggal. Sedangkan walnut mengandung lemak tak jenuh ganda dan Omega-3 yang cukup tinggi.

3. Minyak zaitun
Minyak zaitun memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah menjaga kesehatan jantung. Minyak ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang tinggi dan memiliki dampak positif pada penurunan tingkat kolesterol.

Gunakan minyak zaitun saat memasak, hindari penggunaan mentega atau minyak kelapa yang mengandung lemak jenuh. ** Baca juga: Bakar Lemak Lebih Cepat dengan 5 Makanan dan Minuman Sehat

Bakar lemak dengan cara sehat agar berat badan tetap ideal.(ilj/bbs)

Berita Terbaru