oleh

Ini Penyebab Tanggul TPA Cipeucang Jebol Versi Kontraktor

Kabar6-Kontraktor pelaksana pembangunan sheet pile TPA Cipeucang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyebutkan tanggul beton yang jebol sepanjang 58 meter. Tanggul jebol akibat terhantam longsoran sampah hingga nyaris menutupi badan Sungai Cisadane pada Jum’at, 22 Mei 2020.

“Kejadian ini akibat adanya abrasi sungai,” ungkap Direktur Utama PT RJPS, Zakwannur kepada wartawan di Serpong, Rabu (3/6/2020).

Dijelaskan, sisi luar sheet pile tanah tergerus sedikit demi sedikit dan akhirnya bergeser (sleeding). Faktor alam ini menyebabkan hilangnya friksi tanah yang menjepit sheet pile.

Zakwannur bilang, tumpukan sampah melewati area landfill 2 menyebabkan air yang berasal dari curah hujan berhari hari merusak sisi dalam tanah tempat sheet pile berdiri. Ditambah beban literal mendorong ke depan oleh tumpukan sampah yang terbebani air.

“Karena struktur tanah sudah rusak dan lemah maka terjadilah longsor yang melewati batas kedalaman sheetpile sehingga sheet pile putus kiri kanan di caping beam, bukan patah karena tidak kuat moment cracknya,” jelasnya.

**Baca juga: Masjid Raya Nur Asmaul Husna Alam Sutera Ajukan Surat Permohonan Pembukaan Masjid Hari Ini.

Area tersebut, lanjut Zakwannur, sudah pernah dicoba antisipasi di Desember 2019 dengan cara dipancang ulang. Area belakangnya ditambah back pile sebagai perkuatan.

“Namun alam berkehendak lain, kita saat ini sedang mengangkut kembali sampah di area sungai untuk meminimalkan pencemaran. Setelah ini akan melakukan uji tanah dan kajian teknis untuk kontruksi pengganti area longsor tersebut,” ungkapnya.(yud)

Berita Terbaru