oleh

Ini Dia 5 Jenderal Muslim Paling Ditakuti di Medan Perang

Kabar6-Sepanjang sejarah, tercatat ada beberapa jenderal Muslim yang dikenal gagah dan hebat di medan pertempuran. Tidak heran jika mereka pun sangat ditakuti oleh musuh. Tidak sekadar pemberani, para jenderal Muslim ini juga dikenal sebagai sosok pemimpin yang adil dan bijak. Mereka berperang bukan untuk mencari kekuasaan tapi murni atas perintah Allah untuk mempertahankan dan menyebarkan Islam.

Siapa saja jenderal Muslim paling hebat sepanjang sejarah yang sangat ditakuti di medan perang? Dikutip dari Wowmenariknya, berikut adalah lima jenderal yang dimaksud:

1. Abu Ubaidah bin al-Jarrah (583-639)
Merupakan salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW yang sangat tangguh di medan perang. Abu Ubaidah mulai memeluk Islam setelah Abu Bakar pada 611 Masehi. Salah satu perang besar yang pernah diikuti oleh Abu Ubaidah adalah Perang Badar di Mekah. Dalam perang ini, Beliau harus rela melawan ayahnya sendiri yang berada di pihak kaum Quraish.

Setelah Abu Bakar jadi khalifah, Abu Ubaidah dijadikan panglima perang untuk memimpin pasukan Muslim melawan pasukan Romawi. Di bawah kepemimpinannya yang hebat, pasukan Muslim berhasil mengalahkan pasukan Romawi yang dikenal memiliki tentara terbesar ketika itu.

2. Khalid bin Walid (584-642)
Khalid bin Walid adalah panglima perang terhebat yang pernah dimiliki Islam pada masa peperangan dulu. Sebelum menjadi seorang muslim, Beliau awalnya berasal dari kaum Quraish yang sangat membenci Islam dan berniat membunuh Nabi Muhammad.

Nabi Muhammad menjadikannya sebagai panglima perang yang berhasil menaklukan tanah Arab, Romawi dan Mesopotamia. Beliau juga berhasil membawa kemenangan dalam perang di Ullais, Yamamah, Firaz, Walaja dan masih banyak lagi.

3. Sa’ad bin Abi Waqqash (595-674)
Saat berusia 17 tahun, Sa’ad bin Abi Waqqash sudah memeluk Islam dan merupakan salah satu sahabat Nabi yang paling penting. Beliau dikenal sebagai pemanah legendaris yang sangat hebat dalam medan peperangan.

Sa’ad pernah memimpin perang antara kaum Muslim dengan Persia Majusi yang disebut Perang Qadisiyyah. Kala itu Beliau hanya memimpin pasukan Muslim yang berjumlah 3.000 orang, sementara Persia membawa lebih dari 100 ribu pasukan. Pasukan Muslim berhasil mengalahkan pasukan Persia.

4. Thariq bin Ziyad (670-720)
Beliau adalah panglima perang yang memimpin pasukan Islam Dinasti Umayah dalam melawan pasukan Visigoth di Andalusia, Spanyol. Thariq memimpin pasukan Islam menyeberangi lautan untuk mengalahkan kerajaan yang dipimpin oleh Raja Roderick itu. Beliau mengatur pasukannya di bukit Gibraltar atau Jabal Thariq yang berarti gunung Thariq. Pertempuran besar itu pun kemudian dimenangkan oleh pasukan Islam.

5. Salahuddin Ayyubi (1138-1193)
Salahuddin Ayyubi atau lebih dikenal dengan nama Saladin merupakan sosok panglima perang Muslim yang terkenal dalam melawan pasukan Perang Salib. Di bawah kepemimpinannya, dia berhasil mengalahkan pasukan Salib dalam perang Hattin pada 1187. ** Baca juga: Asteroid Selebar 700 Meter yang Mirip Tengkorak Sedang Dekati Bumi

Selama kekuasannya, kesultanan Saladin meliputi wilayah yang sangat luas, termasuk Mesir, Suriah, Yaman, Hejaz dan Mesopotamia, serta sebagian wilayah di Afrika Utara.(ilj/bbs)

Berita Terbaru