oleh

Hilangkan Nafsu Makan Dengan Aroma Ini

Kabar6-Mengurangi berat badan atau diet bagi sebagian kaum hawa merupakan pekerjaan yang tidak mudah, bahkan sering menyiksa.

 

Mencium aroma masakan yang lezat dan mengundang selera, tentu saja menjadi godaan tersendiri. Jika tidak tahan, program penurunan berat badan pun menjadi gagal total.

 

Namun Anda jangan berkecil hati dulu, karena ada beberapa aroma yang dapat melawan nafsu makan. Aroma apa saja sih itu? Yuk simak ulasan berikut ini:

 

1. Sebuah penelitin pada German Research Center untuk Food Chemistry menemukan bahwa dengan menghirup aroma minyak zaitun murni, dapat membuat Anda merasa lebih kenyang.

 

Orang yang menyantap minyak zaitun murni dicampur dengan yogurt, dapat menurunkan kalori dan gula darah menjadi normal, dibandingkan dengan orang yang menyantap yogurt tawar saja. ** Baca juga: Sakit Kepala Reda Dengan Cara Ini

 

Minyak zaitun dapat meningkatkan kadar hormon serotonin, yang berpengaruh pada tingkat kekenyangan. MUFA yang terkandung dalam minyak zaitun murni, merupakan lemak sehat untuk membantu menghilangkan tumpukan lemak di perut.

 

2. Nafsu makan dapat ditekan dengan bawang putih. Aroma kuat yang dikeluarkan bawang putih, mampu membuat nafsu makan Anda menurun.

 

3. Apel hijau dan pisang diyakini memiliki aroma manis yang mampu menetralkan rasa lapar. Studi yang dilakukan oleh Smell & Taste Treatment and Research Foundation mengungkapkan bahwa orang dengan berat badan berlebih akan kehilangan nafsu makan setelah mencium aroma kedua buah tersebut.

 

Aroma apel hijau dan pisang juga bisa diganti dengan aroma vanila atau peppermint.

 

4. Tanaman Adas sangat baik untuk mengurangi rasa lapar, karena memiliki fungsi diuretik alami, dan dapat mengurangi keinginan akan suatu makanan tertentu. Biji Adas dapat juga dijadikan teh yang merupakan cara sederhana untuk mengontrol nafsu makan sekaligus meningkatkan energi.

 

5. Para peneliti di Osaka University, Jepang, menyarankan agar Anda mencium bau jeruk Bali terlebih dahulu sebelum memakannya. Berdasarkan penelitian, mencium aroma jeruk Bali selama 15 menit, ternyata dapat menekan nafsu makan, sehingga lama kelamaan berat badan akan menurun.

 

Tidak ada salahnya mempraktikkan cara sederhana tersebut, agar Anda pun dapat menekan nafsu makan yang kadang tidak terkendali.(ilj)

Berita Terbaru