oleh

Hadi Hartono: Pemuda Sebagai Agen Perubahan

Kabar6-Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 84, pada 28 Oktober 2012, Wakil Ketua Bidang Pemuda DPD PDIP Banten Hadi Hartono, mengingatkan bahwa pemuda harus mampu menjadi Agen perubahan (agent of change).

Berbagai aksi dan peranan pemuda dalam berbagai termin sejarah semakin memperkokoh keberadaan pemuda dalam menciptakan sebuah perubahan.

Berbagai perubahan yang terjadi di negeri ini menempatkan pemuda sebagai aktor utamanya. Tidak bisa dipungkiri tentang peranan pemuda sebagai pencipta perubahan, bahkan rekam historis sekalipun.

Idealisme, kemauan yang kuat dan konsistensi dalam bergerak menjadi amunisi positif untuk mewujudkan ide dan cita-citanya.

Kekuatan dan keinginan yang kuat untuk merubah suatu kondisi dapat mengilhami orang lain untuk senantiasa optimis dan produktif.

Perubahan menjadi indikator penting bagi keberhasilan pemuda dalam setiap gerakan-gerakan sosial yang dilakukannya.

Perubahan seolah dianggap sebagai harga mati untuk senantiasa diwujudkan. Seperti ungkapan bijak yang menyatakan bahwa, “Tidak ada yang abadi di dunia ini selain perubahan itu sendiri”.

Pemuda pun menyadari bahwa dalam rangka menciptakan sebuah perubahan membutuhkan sesuatu yang harus dikorbankan. Artinya, pengorbanan menjadi perihal yang mutlak diperlukan untuk menciptakan kondisi yang berubah.

Sebagai contoh misalnya, seorang pelajar yang ingin mendapatkan prestasi terbaik, maka dia harus mengorbankan waktunya untuk belajar dan mempersiapkan diri sebaik mungkin, mengorbankan egonya untuk tidak bermalas-malasan dan membuang waktu secara sia-sia, dan sebagainya.

Maka tidak salah apabila Bung Karno pernah berujar, “Beri aku sepuluh pemuda, maka aku akan mengguncang dunia”.(dre)

 

Berita Terbaru