oleh

Gerah, Pria India Ini Pasang ‘AC’ di Helm Miliknya

Kabar6-Hidup di negara dengan iklim tropis tentu harus ‘siap-siap’ menikmati udara panas, terutama saat musim kemarau yang sudah pasti membuat tubuh menjadi gerah.

Sama halnya ketika Anda terjebak macet saat mengendarai sepeda motor. Meskipun sebagai alat keselamatan, pengguna helm seringkali mengalami kondisi basah akibat keringat karena panas yang menyengat

Hal itu juga yang dialami seorang ilmuwan asal India bernama Sandeep Dahiya. Pria ini merasakan betapa repotnya harus melepas helm saat traffic light merah, dan meletakkannya di atas tangki, kemudian mengenakannya kembali ketika lampu berubah menjadi hijau.

Berbekal ilmu yang dimilikinya, melansir indiatimes, Sandeep lantas merancang sebuah alat yang bisa membantu pengendara motor terbebas dari rasa gerah. Sandeep membuat alat penyejuk helm rancangan, terdiri dari dua bagian yaitu kotak yang dibawa layaknya tas ransel dan selang.

Selang berfungsi sebagai penyalur udara sejuk ke dalam helm. Hawa dingin itu didapat dari perangkat yang biasa dipakai pada pesawat luar angkasa, namun tersedia di pasaran dengan harga cukup terjangkau.

Perangkat tersebut adalah peltier, lempengan tipis yang dialiri oleh arus listrik dari aki. Satu sisi lempengan itu akan berubah menjadi dingin, sementara satu lagi panas. Hawa panas tersebut kemudian dibuang menggunakan kipas.

Sejuknya udara yang diembuskan ke dalam helm, tergantung dari seberapa banyak panas yang berhasil dibuang. Sebagai catatan, perangkat ini biasa dipakai pada pendingin minuman yang tersedia untuk mobil. ** Baca juga: Teknik Nyeleneh, Tukang Cukur Ini Gunakan Api untuk Luruskan Rambut

Benar-benar kreatif.(ilj/bbs)

Berita Terbaru