oleh

Tak Punya Jamsotek, Buruh PT EGP Gelar Demo

Kabar6-Sedikitnya 200 buruh PT Edely Gaya Perkasa (EGP) yang berlokasi di Desa Cangkudu, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang menggelar aksi demontrasi, Senin (5/11/2012)

.

Aksi ratusan buruh pabrik karung ini berlangsung sekitar puku 7.00 Wib. Mereka menuntut perusahaan tersebut untuk mendaftarkan sekitar 400 buruh menjadi peserta Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek).

Pasalnya, selama ini ketika buruh hanya diberikan jaminan kesehatan sebesar 30 persen dari biaya pengobatan yang mereka keluarkan. Selebihnya, biaya itu ditanggung oleh karyawan itu sendiri.

Selain itu, para buruh ini juga menuntut upah layak, upah yangg diberlakukan perusahaan itu tak sesuai dengan aturan.

“Para buruh hanya diberikan upah harian sebesar Rp25 ribu. Jaminan kesehatan juga gak jelas. Dan hak buruh untuk berserikat pun diberangus,” ungkap Ketua Serikat Buruh Nasional (SBN) Kasbi, Idham Kholid, kepada Kabar6.com.

Disamping itu lanjut Idham, pihaknya mendesak PT EGP tersebut, agar menghapus sistim kerja kontrak terhadap ratusan karyawannya.

Untuk itu, dirinya berharap kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Tangerang untuk menindak tegas perusahaan tersebut.

“Saya minta Disnakertrans agar turun tangan membantu buruh. Jangan hanya berpangku tangan saja,” katanya.

Sebelum dipenuhinya tuntutan itu lanjutnya, ratusan buruh mengancam akan terus melakukan aksi unjuk rasa di perusahaan tersebut. Bahkan, aksi serupa akan digelar secara besar-besaran.

Pantauan wartawan, aksi ratusan buruh PT EGP ini dikawal ketat puluhan petugas Polsek Balaraja. Hingga berita ini disusun, ratusan buruh masih bertahan di lokasi.(din)

 

Berita Terbaru