oleh

Dirawat Hampir 40 Hari, Pasien Corona 01 di Lebak Sembuh

Kabar6-Pasien positif virus Corona pertama (L-01) asal Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak yang dirawat di RSU Banten dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kecamatan Cihara Ade Kurnia, membenarkan jika Pasien L-01 sudah sembuh dari Corona.

“Iya benar, sudah dinyatakan sembuh dan sudah pulang semalam. Hari ini kami dengan pihak puskesmas ke sana untuk menjenguk sekaligus melakukan sosialisasi dan penyuluhan sesuai arahan Gugus Tugas Kabupaten,” kata Ade saat dihubungi Kabar6.com, Jum’at (5/6/2020).

Pasien L-01 adalah seorang pria berusia 38 tahun yang berprofesi sebagai petani. Selain petani, pasien juga merupakan Ketua RT yang kerap mendapat warga yang baru saja pulang kampung dari sejumlah wilayah yang merupakan zona merah Covid-19.

Kepala Puskesmas Cihara Suherman, menuturkan, sebelum akhirnya diperbolehkan pulang, Pasien L-01 menjalani perawatan di RSU Banten selama hampir 40 hari.

**Baca juga: DPRD Lebak Dikritik, Audiensi Apdesi di Tengah Pandemi Dibiarkan Dihadiri Ratusan Orang.

“Pasien semalam dijemput langsung oleh pemerintah desa. Kalau hasil swabnya tidak negatif tentu oleh pihak RS tidak diperbolehkan pulang,” kata Suherman.

Meski begitu ujar dia, pasien tetap harus menjalani isolasi mandiri selama 14 hari.

“Tetap melakukan isolasi mandiri dan protokol kesehatan Covid-19 tetap diterapkan di lingkungan keluarga dan tempat tinggal pasien,” jelas Suherman.(Nda)

Berita Terbaru