Home / Aneka Berita / Busyet Dah / Dipukul Saat Berkelahi, Mata Pria Ini Katarak Berbentuk Bintang
Ilustrasi/livescience

Dipukul Saat Berkelahi, Mata Pria Ini Katarak Berbentuk Bintang

Kabar6-Seorang pria asal India berusia 36 tahun mengalami mendapatkan katarak berbentuk bintang yang aneh di mata kirinya setelah dipukul dalam sebuah perkelahian. Kondisi yang dikenal sebagai ‘katarak rosetta’, yaitu kerutan lensa yang terlihat seperti bintang, ini hanya bisa dilihat dengan peralatan khusus.

Penulis jurnal bernama Dr Rohan Singh, melansir livescience, mengatakan bahwa pria tersebut terlibat perkelahian dan dipukul pada sisi kiri wajahnya. Pria yang tidak disebutkan namanya itu menderita katarak rosetta karena dampak fisik dari pukulan di wajahnya yang menghasilkan gelombang kejut, menyebar melalui tulang-tulang di pelipisnya dan ke mata kirinya. Katarak cenderung terjadi jika memiliki cedera kepala ataupun mata.

Gelombang kejut ini dapat mengganggu susunan serat atau protein yang biasa ditemukan dalam lensa, dan pada akhirnya akan menyebabkan keruhan atau kerutan, lensa menjadi rosetta atau berpola seperti bintang atau yang biasa dikenal dengan katarak. ** Baca juga: Salah Pilih Korban, Pria Ini Rampok Wanita yang Ternyata Seorang Petarung MMA

Katarak rosetta sendiri sangat jarang dan tidak bisa dilihat dengan ‘mata telanjang’. Hal pertama yang dialami setelah dipukul dalam perkelahian tersebut yaitu kemerahan, rasa sakit, dan penglihatan yang buruk, dan akan semakin memburuk sekira enam jam setelah pukulan yang diterima.(ilj/bbs)

Check Also

Digaji, Nenek yang Bersedia Asuh Cucunya di Turki

Kabar6-Seringkali kita melihat para nenek yang sibuk mengasuh cucu saat kedua orangtuanya pergi bekerja. Rupanya, ...