oleh

Diajarkan Kepada Warga, Ini Formula Disinfektan Ala Politikus PSI

Kabar6-Berbagai upaya terus dilakukan banyak pihak dalam menangkal pendemi covid-19 di Provinsi Banten agar tidak meluas.

Seperti dilakukan anggota DPRD Banten dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk dapil Kota Tangerang Selatan Maretta Dian Arthanti ini, dengan cara mengedukasi kepada warga agar bisa membuat cairan disinfektan sendiri dirumah, agar perabotan yang dimiliki steril dari penularan wabah covid-19.

Menurutnya, untuk membuat cairan disinfektan dalam menangkal covid-19 ini sebenarnya cukup mudah, siapapun bisa membuatnya dirumahnya masing-masing. Termasuk peralatan dan bahan-bahan yang digunakan juga mudah untuk didapat, ada diwarung-warung terdekat.

Adapun bahan-bahan yang digunakan sebagai bahan dasar cairan disinfektan covid-19 adalah, sambung Maretta, cukup hanya menggunakan cairan pemutih atau cairan karbol, untuk selanjutnya campurkan kedalam larutan air bersih sambil dikocok agar larutan merata.

Selanjutnya, setelah larutan pemutih atau cairan karbol tadi tercampur sempurna didalam air, sambung Mareta, masyarakat bisa menuangkan cairan tersebut kedalam sebuah botol semprot untuk selanjutnya digunakan agar lebih sebelum melakukan penyemprotan.

“Untuk takarannya, setiap 2 sendok makan atau 30 mililiter cairan pemutih atau karbol tadi, bisa dicampur dengan 1 liter air,” beber Mareta kepada Kabar6.com, Minggu (29/3/2020).

Sebelum digunakan, lanjut Mareta, warga bisa mulai membersihkan permukaan benda-benda dirumahnya yang sering disentuh dengan sabun dan air bersih sebelum nantinya disemprotkan oleh cairan disinfektan yang sebelumnya telah dibuat.**Baca juga: Ada Spanduk Provokatif Di Ibu Kota Banten Terkait Corona.

“Pastikan melakukan langkah-langkah di atas pada ruangan dengan ventilasi yang baik atau idealnya dengan ruangan berjendela terbuka. Dan Jangan lupa untuk menggunakan pelindung diri seperti baju APD, sarung tangan dan kacamata agar penyemprot juga terlindungi dari bahan disinfektaan, kuman maupun virus. Jika ada cairan pemutih yang menyentuh bagian kulit, segera lap dengan kain lembap,” tandasnya.(Den)

Berita Terbaru