oleh

Di Thailand Ada Kuil Megah Berlapis Emas yang Bentuknya Unik Mirip UFO

Kabar6-Di Distrik Khlong Luang, 16 kilometer sebelah utara Bandara Internasional Bangkok, Thailand, ada kuil yang berbentuk seperti UFO, bernama Wat Phra Dhammakaya.

Kuil ini merupakan tempat ibadah umat Buddha di Thailand. Wat Phra Dhammakaya, melansir cnnindonesia, adalah pusat dari Gerakan Dhammakaya, sebuah kelompok ibadah Buddhia yang mulai membuka gerbangnya pada 1970-an. Eksistensi kuil berkilau emas nan megah ini melahirkan banyak pro dan kontra. Pihak yang mengkritik berpendapat kalau ajarannya yang tidak konvensional dan terlalu mengomersialisasi agama Buddha.

Wat Phra Dhammakaya sendiri mendiami lahan seluas 10 hektare yang dibagi menjadi tiga bagian yaitu ‘daerah kediaman Buddha’ termasuk tempat tinggal para biksu, kemudian ‘daerah kediaman Dhamma’ termasuk daerah untuk pengajaran dan upacara yang melibatkan jemaah, serta ‘daerah kediaman Sangha’ termasuk daerah untuk upacara monastik.

Salah satu yang area yang paling mencolok ialah kubah besar (Dhammakaya Cetiya), ditutupi dengan 300 ribu patung Buddha perunggu berlapis emas. Sebanyak 700 ribu patung serupa bisa ditemukan pengunjung dalam kuil.

Kubah emas adalah Aula Peringatan pendiri ajaran Buddha ini, Phramonkolthepmuni. Area ini dikelilingi oleh platform beton melingkar besar yang berfungsi sebagai Amfiteater Meditasi.

Acara keagamaan dan meditasi diadakan setiap hari, dibantu oleh ribuan sukarelawan. Selama hari Minggu dan festival keagamaan besar, hampir 100 ribu jemaah berkumpul di kompleks megah tersebut.

Ada sekira 3.000 biksu, samanera (calon biksu), awam, dan perempuan tinggal di Wat Phra Dhammakaya, yang juga menjadikannya kuil terbesar di Thailand dalam hal jumlah penghuni.(ilj/bbs)