oleh

Di India Ada Celana Jeans untuk Lindungi Wanita dari Pemerkosaan

Kabar6-Dua orang mahasiswi bernama Diksha Pathak (21) dan Anjali Srivastava (23) dari Varanasi, India, berhasil menciptakan celana jeans antipemerkosaan. Bukan sekadar penemuan biasa, rupanya pembuatan celana jeans spesial ini didorong oleh tingginya angka perkosaan di India.

Bagaimana cara kerja celana jeans antipemerkosaan tersebut? Pathak dan Srivastava, melansir Indiatoday, menginstal perangkat elektronik dalam celana jeans tadi. Jadi saat mendapatkan ancaman, si pemakai celana tinggal menekan alat akan mengirim sinyal, seperti alarm ke kantor polisi terdekat.

Diklaim, sudah ada sekira 200 kantor polisi di India yang dilengkapi teknologi untuk menerima alarm dari celana jeans tersebut. “Kami telah berpikir lama untuk membuat perangkat ini,” kata Pathak.

Menurut Pathak, sang ayah yang seorang sopir taksi selalu khawatir jika dirinya pulang malam. “Ayahku sering khawatir setiap kali aku pulang terlambat. Dengan adanya jeans antipemerkosaan diharapkan bisa menjawab kekhawatiran masyarakat terhadap tindak kriminal,” ungkapnya.

Perangkat elektronik dalam jeans itu dapat digunakan selama kurang lebih tiga bulan. Setelah itu, baterainya harus diganti. Jika alat itu berhasil menekan angka pemerkosaan di India, pemerintah akan menyebarluaskannya. ** Baca juga: Ngeri! Ini 4 Psikopat yang Disebut Paling Sadis di Dunia

Berdasarkan data pemerintah, pemerkosaan terjadi setiap 22 menit sekali di India, bahkan banyak dari korbannya sampai meninggal dunia.(ilj/bbs)

Berita Terbaru