oleh

Cegah Abrasi, Ratusan Batang Bambu akan Ditanam di Pinggir Sungai Ciujung

Kabar6-Ratusan batang pohon bambu akan ditanam di pinggir Sungai Ciujung untuk mengantisipasi terjadinya abrasi dan pelebaran bibir sungai.

“Hasil susur sungai bersama Banksasuci, Pokdarwis, Dispar dan Satpol PP, kami melihat banyak titik bibir Sungai Ciujung yang mengalami abrasi. Tindak lanjutnya, sekitar 300 batang bambu untuk menahan abrasi,” kata anggota Komisi II DPRD Lebak, Abdul Rohman, Minggu (16/2/2020).

Abrasi di Sungai Ciujung kata dia juga disebabkan salah satunya karena aktivitas penambangan pasir.

“Makanya sekalian kami libatkan Satpol PP agar langsung diberikan teguran dan imbauan kepada masyarakat tidak lagi melakukan aktivitas itu,” ucapnya.

**Baca juga: Pascabanjir Bandang di Lebak, Cecep Warga Sajira Menghilang.

Dia menilai, upaya pemerintah dalam memelihara dan menjaga ekosistem Sungai Ciujung masih belum maksimal. Ke depan akan diusulkan agar terdapat UPT Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau Ciujung-Cidurian (BBWSC3) di Lebak.

“Ini mulai saya dorong agar dimaksimalkan sebagai penyangga wisata kota dan dalam waktu dekat digelar lomba getek (Rakit-red) yang salah satunya memgajak pemerintah semakin peka dengan kondisi abrasi di Sungai Ciujung,” papar Abdul Rohman.(Nda)

Berita Terbaru