oleh

Camat Batuceper Terapkan RW Binaan & Gali Potensi Lingkungan

Kabar6-Pihak aparatur Kecamatan Batuceper Kota Tangerang kini tengah menerapkan metode satu RW Binaan di masing-masing kelurahan.

Kategori binaan dimaksud adalah, untuk menciptakan lingkungan RW yang bersih, hijau, layak huni, Bersih Narkoba (Bersinar), aman dan tertib.

Demikian diungkapkan Camat Batuceper, Mulyanto, usai mendampingi Tim Penggerak PKK Kota Tangerang, yang diketuai oleh Hj. Aini Suci, istri Walikota Tangerang, H. Arief R Wismansyah, pada kegiatan penilaian lomba administrasi PKK, PAUD, Pemanfaatan Hasil Toga dan Pos Yandu di Kelurahan Poris Jaya dan Poris Gaga.

“Ya, kalau agenda yang kita fokuskan saat ini adalah, mengenai penerapan satu RW binaan disetiap kelurahan. Jadi, cukup hanya mensukseskan melalui RW binaan ini, nantinya akan terus ditularkan ke lingkungan lain,” jelas Mulyanto.

Mantan Kabag Humas dan Protokoler Pemkot Tangerang ini pun memaparkan, bahwa selain upaya itu, pihaknya pun tengah intens menggali potensi usaha kreatif serta menjaga dan melestarikan budaya yang ada diwilayah setempat.

“Ternyata diwilayah Kelurahan Poris Gaga ada sebuah usaha kreatif. Dilokasi itu ada warga yang mampu mengolah limbah menjadi pupuk, dan bahan pengurai bakteri penghilang bau, yang ramah lingkungan,” paparnya.

Camat juga mengutarakan, bila kemampuan itu juga telah dipresentasikan oleh inovator lingkungan bernama Rusdi, dalam kegiatan Tim Penggerak PKK.

“Tadi juga diperlihatkan, beberapa produk hasil karya dia, beserta dengan berbagai contoh penggunaannya, seperti pupuk dan bakteri pengurai penghilang bau. Kita akan mendorong hasil karya itu. Karena selain bermanfaat untuk lingkungan, produknya pun sudah banyak dipasarkan hingga daerah lain. Tentu ini memiliki nilai ekonomi yang cukup baik,” ujarnya.

Mulyanto berharap, inovasi positif seperti itu, dapat juga ditularkan atau bahkan terus dimunculkan oleh masyarakat diwilayahnya, mengingat hal tersebut tentu dapat menjadi bagian dari pada upaya pencapaian program Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, terhadap terciptanya kampung bersih, kampung hijau serta kampung sehat.(Adv)

Berita Terbaru