oleh

Kabupaten Tangerang Luncurkan Roadmap Reformasi Birokrasi

Kabar6-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang terus berbenah. Kali ini, pemerintah di wilayah seribu industri itu meluncurkan Roadmap Reformasi Birokrasi Tahun 2015-2019.

Launching berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) kawasan Pusat Pemerintahan Kabupaten (Puspemkab) Tangerang, Kamis (21/5/2015).

Dalam sambutannya, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, peluncuran Roadmap Reformasi Birokrasi merupakan bentuk komitmen untuk melaksanakan perubahan secara bertahap dalam manajemen Pemerintahan Daerah.

Sehingga kedepan diharapakn dapat mewujudkan pemerintah yang bersih, meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat dan meningkatkan kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi.

“Saya inginkan ini benar-benar di jalankan. Bukan sekedar seremoni belaka. Saya yakin, dengan sistem yang baik, kita bisa menciptakan orang tidak baik menjadi baik. Begitupun sebaliknya,” ucap Zaki.

Sedianya, roadmap reformasi birokrasi Kabupaten Tangerang akan dilaksanakan secara bertahap mulai tahun 2015 ini sampai 2019 mendatang.

Didalamnya terdapat 8 program pembaharuan, diantaranya penataan sistem manajemen sumber daya manusia aparatur, peningkatan kualitas pelayanan, peningkatan akuntabilitas, penguatan tata laksana, penguatan peraturan perundangan-undangan serta perubahan pola pikir dan budaya kerja.

Dan, untuk mengawal seluruh program dimaksud, nantinya akan diangkat agen perubahan di setiap SKPD. Dari aparatur sipil negara yang memiliki pola pikir perubahan, disiplin, etos kerja yang baik, profesional, dan bisa menjadi panutan.

Sementara, Didit Nurdiatmoko selaku Deputi KemenPAN RB mengatakan, dalam upaya memperbaiki sistem, tentu diperkukan komitmen yang kuat dari seluruh pemangku kepentingan, baik internal maupun eksternal pemerintah daerah, khususnya di Kabupaten Tangerang.

Untuk itu, Didit berharap agar semua pihak turut mengawal dan terus melakukan evaluasi terhadap roadmap reformasibirokrasi tersebut.

“Belum banyak instansi pemerintah daerah yang menyusun roadmap ini. Munkin Kabupaten Tangerang masuk dalam 10 besar nasional dalam penyusunan roadmap reformasi birokrasi,” ujar Didit.

Ketua Komisi II DPR RI, Wahidin Halim yang turut hadir dalam acara tersebut mengatakan, langkah Kabupaten Tangerang dalam melahirkan roadmap reformasi birokrasi ini patut diapresiasi. **Baca juga: Kabupaten Tangerang Kebut Program Sanisek.

“Memang ini pekerjaan yang tidak mudah. Tapi saya yakin pak Zaki bisa. Dan, saya punya harapan besar kepada beliau,” ujar Wahidin Halim.(hms/tom migran)

Berita Terbaru