oleh

Bukan Sekadar Mitos, Prajurit Wanita Amazon Terbukti Ada

Kabar6-Selama ini banyak yang berasumsi bahwa prajurit wanita Amazon hanyalah cerita fiksi. Namun pada 1990-an, para arkeolog mulai mengidentifikasi kerangka perempuan kuno yang terkubur dalam kuburan prajurit di wilayah yang sama.

Menurut Peneliti di Departemen Klasik dan Program Sejarah Sains di Universitas Stanford bernama Adrienne Mayor, melansir Livescience, beberapa kerangka wanita ditemukan dengan luka bekas pertempuran, seperti mata panah tertanam di tulang mereka. Mereka dikuburkan dengan senjata yang dipakai oleh para wanita perkasa ini.

“Berkat arkeologi, kami sekarang tahu bahwa mitos prajurit wanita Amazon, yang pernah dianggap fiksi, ternyata berisi data detail dan akurat tentang wanita nomaden Stepa, yang merupakan rekan historis dari mitos Amazon,” kata Mayor, yang juga penulis ‘The Amazons: Lives and Legends of Warrior Women Across the Ancient World’.

Prajurit nomaden ini adalah bagian dari kelompok suku kuno, dikenal sebagai orang Skit, ahli menunggang kuda dan memanah. Mereka tinggal di wilayah yang luas di padang rumput Eurasia, membentang dari Laut Hitam hingga Tiongkok, dari sekira 700 SM hingga tahun 500 M.

Scythians adalah orang-orang yang keras dan memiliki reputasi sebagai tukang mabuk. Tak hanya minum anggur, mereka juga meminum susu kuda yang difermentasi agar bisa mabuk berat. Mayat beku dari mumi Scythians yang diawetkan di permafrost mengungkapkan bahwa mereka gemar mentato tubuhnya.

Masyarakat Skit, dijelaskan Mayor, tidak hanya tetapi juga ada yang laki-laki. Namun tidak semua perempuan Skit mau bergabung dengan pria dalam berburu dan berperang. ** Baca juga: Ditemukan Guci Perunggu Berisi Krim Lemak Hewani Berusia 2.700 Tahun di Pemakaman Tiongkok Kuno

“Gadis dan wanita di stepa belajar menunggang kuda dan menembakkan panah seperti saudara laki-laki mereka,” terang Mayor. Sejauh ini, para arkeolog telah mengidentifikasi lebih dari 300 sisa-sisa prajurit wanita yang dikuburkan dengan kuda dan senjata mereka.(ilj/bbs)

Berita Terbaru