oleh

Blue Java Banana, Pisang Unik dengan Kulit Berwarna Biru

Kabar6-Pisang yang satu ini memang unik. Jika biasanya kulit pisang berwarna kuning kecokelatan atau hijau, namun kulit Blue Java Banana ini berwarna biru. Bukan hanya keanehan pada kulitnya saja, tapi rasa pisang berwarna biru ini juga aneh dan tak lazim seperti pisang biasa.

Tekstur pisang ini, melansir beberapa sumber, disebut lebih mirip es krim rasa vanila dengan manis dan kekenyalan lebih kuat. Blue Java Banana berhabitat asli di Hawai, Asia Tenggara dan beberapa wilayah sentral Amerika. Tumbuh di lingkungan tropis dengan suhu cukup dingin, ketika masih muda kulitnya berwarna hijau kebiruan, setelah matang barulah kulitnya berwarna biru pekat. Sangat langka sekali yang menjual Blue Java Banana ini. Namun kita bisa membelinya di Toko Online Amazon.

Meski langka, pisang berkulit biru dijual dengan harga hanya sekira Rp67 ribu per biji. Namun para penikmat Blue Java Banana biasanya tidak memakan pisang begitu saja. Mereka lebih suka menjadikannya sebagai bahan topping toast atau beragam olahan dessert. Banyak juga yang membekukan pisang berkulit biru ini di freezer untuk di konsumsi sebagai es krim. Rasanya yang unik seperti es krim ini tidak lagi perlu ditambah pemanis gula, sehingga tergolong sehat.

Blue Java Banana tergolong ke dalam jenis pisang genom ABB. Pertama kali ditanam oleh petani Hawaii pada kisaran 1920. Ada lebih 100 jenis pisang berbeda yang tumbuh di tanah Hawaii, masing-masing mempunyai warna kulit dan tekstur rasa unik yang berbeda, Blue Java Banana ini adalah salah satunya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru