oleh

Berpikir Positif Ternyata Bisa Jadi ‘Racun’ yang Justru Bikin Orang Lari dari Masalah

Kabar6-Sebagian besar orang yakin bahwa mindset kita akan mempengaruhi apa yang terjadi di masa mendatang. Karena itulah, tidak sedikit orang yang selalu mencoba untuk berpikiran positif agar tetap merasa senang dan ceria.

Namun belakangan, melansir Dreamers, mindset positif yang dibangun dinilai dapat menjadi masalah dalam beberapa contoh kasus. Istilah ‘toxic positivity’ disebut sebagai perilaku masyarakat yang kerap memaksa untuk berpikir positif tanpa memberi empati terhadap inti masalah yang dihadapi.

Meskipun dengan berpikiran positif akan menciptakan situasi bahagia, ternyata positivity mindset bisa menjadi ‘racun’ untuk membuat seseorang ‘lari’ dari masalah yang dihadapinya.

Dan hal ini tentu saja akan menciptakan pandangan bahwa hidup hanya berfokus pada hal positif dan menolak keras emosi negatif. Menurut Psychology Today, dengan menolak dan menghindari emosi negatif akan berdampak pada masalah yang menjadi lebih besar.

Selain itu juga dapat menciptakan pribadi yang tidak dapat belajar dari masalah-masalah yang terjadi. Anda juga akan menjadi orang yang tidak peka terhadap lingkungan akibat sikap ‘tidak mau ikut-ikutan’ menangani masalah.

“Ketika Anda terjebak dalam siklus ini, emosi akan menjadi lebih besar dan meningkat signifikan karena mereka (masalah atau emosi negatif) tidak diproses,” demikian tulis laman tersebut. ** Baca juga: Benarkah Terobsesi untuk Selalu Konsumsi Makanan Sehat Termasuk Gangguan Kesehatan Mental?

Jadi ketika Anda ingin berproses dalam hidup, lebih baik secara imbang menerima hal-hal positif dan negatif. Dari kedua hal tersebut, Anda dapat belajar cara mengatasi atau mengontrol masalah yang sedang terjadi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru