oleh

Keren! Seekor Anjing di AS Bisa ‘Berkomunikasi’ dengan Manusia Lewat Papan Suara

Kabar6-Seorang terapis bahasa asal San Diego, Amerika Serikat, bernama Christina Hunger, kini sudah bisa ‘berkomunikasi’ dengan Stella, seekor anjing peliharaannya.

Namun tentu saja bukan seperti manusia yang sedang mengobrol. Lantas, bagaimana cara Hunger ‘ngobrol’ bersama Stella? Rupanya, melansir mirror.co.uk, Hunger membuat sebuah papan suara atau yang disebut soundboard, khusus untuk Stella. Soundboard itu terdiri dari 22 tombol. Jika ditekan, masing-masing tombol akan memutarkan rekaman kata-kata.

Kata itu seperti ‘bola’ atau ‘di luar’. Hunger juga merancang soundboard ini agar Stella bisa membuat kata-kata itu menjadi sebuah kalimat. Caranya, dengan menekan sejumlah tombol secara berurutan.

Dalam sebuah video, tampak Stella menekan tombol ‘senang’, lalu ‘bola’, ‘ingin’, dan ‘di luar’. Nah, rangkaian kata itu dapat diartikan bahwa Stella ingin bermain di taman.

Dan setelah menggunakan soundboard selama delapan minggu, Stella berhasil mempelajari 29 kata. “Saya kagum dan shock terus menerus. Setiap hari, Stella bisa mengatakan sesuatu yang lebih keren di banding hari sebelumnya,” ujar Hunger.

Dijelaskan, “Caranya menggunakan kata untuk berkomunikasi, dan caranya mengkombinasi kata, sangat mirip dengan seorang anak berumur dua tahun.”

Kata favorit Stella saat ini, disebutkan Hunger, adalah ‘berjalan’ dan ‘pantai’. “Menurut saya, seekor anjing sangat berarti bagi manusia. Saya membayangkan, seberapa dalam ikatannya akan terjalin,” katanya. ** Baca juga: Pecahkan Rekor Dunia, Seorang Pria Asal Kroasia Miliki Gigi Sepanjang 3,72 Cm

Kini komunikasi antara hewan peliharaan dan majikan makin mudah saja, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru