oleh

Adakah Jumlah Tertentu Langkah Kaki yang Dibutuhkan untuk Dapatkan Manfaat Kesehatan?

Kabar6-Salah satu olahraga yang paling mudah dilakukan adalah berjalan kaki. Ya, selain murah dan tidak membutuhkan persiapan khusus, Anda juga tidak membutuhkan peralatan apa pun.

“Berjalan kaki dapat meningkatkan kebugaran tubuh, kesehatan jantung, mengurangi depresi dan kelelahan, meningkatkan mood, membuat stres berkurang, mencegah kenaikan berat badan dan mengurangi penyakit kronis, dan masih banyak lagi manfaat lainnya,” ungkap Ann Green, M.S, seorang guru yoga dan mantan atlet.

Menurut direktur program pascasarjana fisiologi terapan di Teachers College di Universitas Columbia bernama Carol Ewing Garber, Ph.D., melansir Medcom, melakukan 10 ribu langkah setiap hari adalah hanya perkiraan. “Sebenarnya tidak ada ilmu tertentu yang menunjukkan bahwa Anda membutuhkan jumlah tertentu langkah kaki untuk mendapatkan manfaat kesehatan,” kata Garber.

Sementara itu, I-Min Lee, profesor kedokteran di Harvard Medical School juga menyetujui bahwa pedoman mengenai langkah kaki yang harus dilakukan seseorang setiap harinya adalah alat pemasaran dalam produk saja. Meskipun memang, jika bisa memenuhi angka-angka tersebut sangatlah baik tetapi pada dasarnya itu tidak perlu.

Menurut Profesor David Bassett, kepala studi kinesiologi, rekreasi dan olahraga di University of Tennessee, melakukan 6.000 langkah per hari adalah jumlah yang bisa dilakukan untuk memulai kebiasaan baik tersebut.

“Sebanyak 6.000 langkah atau lebih bisa membantu Anda melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Penyakit kardiovaskular adalah salah satunya,” jelasnya.

Lee juga melakukan penelitian dan menemukan bahwa melakukan 7.500 langkah setiap harinya bisa dilakukan untuk mendapatkan manfaat kesehatan dalam jangka panjang.

Meskipun begitu, penting untuk mengetahui bahwa standar setiap orang dan kemampuan setiap orang berbeda-beda. ** Baca juga: Cara Mudah Atasi Bau Mulut dengan Konsumsi 4 Jenis Makanan Sehat

Misalnya saja, untuk seseorang yang lebih tua dengan melakukan langkah 4.400 setiap harinya tetap bisa mendapatkan manfaat dibandingkan tidak melakukannya sama sekali.

Hal yang perlu diingat, berjalan kaki lebih banyak memang baik, tetapi Anda juga tidak perlu memaksakan diri untuk melakukannya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru