oleh

Benarkah Orang Pintar Miliki Jantung Sehat?

Kabar6-Mengonsumsi makanan sehat dan rajin olahraga saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan jantung. Sebuah penelitian berhasil membuktikan bahwa tingkat pendidikan juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan jantung seseorang.

Studi Prospective Urban Rural Epidemiology (PURE) dari Simon Fraser University, Kanada, mengemukakan temuan ini. Selama lebih dari 15 tahun, melansir Womantalk, studi ini meneliti kondisi kesehatan sekira 225 ribu penduduk di 25 negara mulai dari Tanzania, Zimbabwe, Bangladesh, India, Malaysia, Argentina, Brazil, Arab Saudi, Iran, Kanada, Swedia, dan masih banyak lagi. Partisipan riset ini berusia di antara 35-70 tahun, serta berasal dari berbagai lokasi tempat tinggal, baik urban maupun rural.

Sebelumnya, kondisi sosial ekonomi kerap diduga sebagai salah satu faktor penyebab timbulnya penyakit jantung. Banyak yang mengira, warga yang kurang mampu lebih rentan terkena penyakit berbahaya. Namun, penelitian ini berhasil menemukan faktor lain yang lebih penting.

Rupanya, faktor pendidikan turut bermain dalam menentukan kondisi kesehatan penduduk suatu negara. Dari hasil penelitian ditemukan, semakin baik tingkat pendidikannya, semakin baik pula kondisi kesehatannya.

“Seberapa banyak uang yang Anda miliki kerap dianggap sebagai penentu kondisi kesehatan, padahal tingkat pendidikan cenderung lebih baik dalam mengukur kesehatan di berbagai negara,” jelas Scott Lear, profesor dari Simon Fraser University yang terlibat dalam penelitian ini.

Ditambahkan, “Jika kita memberi uang kepada seseorang, dia tidak langsung menjadi sehat. Namun, jika kita memberikan pendidikan dan ilmu sebanyak-banyaknya kepada masyarakat, kondisi ini dapat menghasilkan tingkat kesehatan yang jauh lebih baik.” ** Baca juga: Adakah Manfaat Konsumsi Bubble Drink yang Terbuat dari Tepung Tapioka?

Pengaruh faktor pendidikan terhadap kesehatan jantung masyarakat, urai Lear, cenderung stabil di berbagai negara, baik di lingkungan berpenghasilan tinggi maupun rendah.(ilj/bbs)

Berita Terbaru