oleh

Demi Kesehatan Jantung, Hindari Konsumsi 7 Makanan Ini Secara Berlebihan

Kabar6-Jantung adalah salah satu organ manusia yang berperan dalam sistem peredaran darah, terletak di rongga dada agak sebelah kiri. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan fungsi jantung menurun, salah satunya dari pola makan yang tidak sehat.

Kesehatan jantung perlu diperhatikan untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Nah, ada beberapa makanan yang dapat memperburuk fungsi jantung.

Jika dikonsumsi secara terus menerus maka tidk baik untuk kesehatan jantung. akan menimbulkan penyakit jantung. Melansir detikhealth, berikut makanan yang dapat memperburuk fungsi jantung apabila dikonsumsi secara berlebihan dalam jangka panjang:

1. Daging merah
Daging merah tinggi lemak jenuh yang bisa meningkatkan kolesterol. Jadi, batasi porsi mengonsumsi daging merah untuk mencegah penyakit jantung. Selain itu, carilah potongan daging tanpa lemak seperti daging bulat, sirloin, dan daging giling tanpa lemak.

2. Pizza
Pizza dapat menyehatkan jika dibuat dengan cara yang benar. Tetapi kebanyakan pizza memiliki jumlah natrium, lemak, dan kalori dengan jumlah yang mengejutkan. Dan, semua kandungan tersebut dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan saat Anda ingin memesan pizza. Pilih kulit tipis atau gandum utuh, minta sedikit keju, sayuran yang banyak.

Hindari pepperoni atau sosis yang mengandung garam. Pizza dengan bahan pilihan yang sehat ini aman dikonsumsi untuk kesehatan jantung. ** Baca juga: Mitos atau Fakta, Penerbangan ke Arah Timur Bikin Jet Lag Lebih Parah

3. Kentang goreng
Kentang goreng dari restoran cepat saji memiliki banyak lemak dan garam yang buruk bagi kesehatan jantung. Sebuah studi menemukan, orang yang makan kentang goreng dua hingga tiga kali seminggu memiliki tingkat risiko kematian yang tinggi.

Jika Anda tetap ingin memanjakan diri dengan kentang goreng, konsumsilah dalam porsi kecil atau sedikit. Anda dapat membuat kentang goreng sendiri yang dipanggang dengan minyak zaitun untuk kesehatan jantung. Dan akan lebih baik jika Anda menggunakan ubi.

4. Gula, garam dan lemak
Jumlah garam, gula, lemak jenuh, dan karbohidrat olahan tinggi dapat meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke. Jika ingin memiliki jantung yang sehat, hindari pola makan yang memiliki kandungan tersebut.

Anda dapat mengonsumsi beberapa makanan seperti buah, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan produk susu rendah lemak untuk kesehatan jantung.

5. Soda
Sekaleng soda memiliki lebih banyak gula tambahan dari gula yang direkomendasikan oleh para ahli. Peminum soda cenderung bertambah berat badannya dan lebih mungkin mengalami obesitas, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung. Untuk mencegah penyakit tersebut, minumlah air tanpa rasa dan pemanis tambahan.

6. Alkohol
Minum alkohol dalam jumlah sedang tidak membahayakan jantung kecuali Anda memiliki tekanan darah tinggi atau trigliserida tinggi, yang merupakan sejenis lemak dalam darah. Jenis lemak ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Namun bagi peminum berat, alkohol dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, gagal jantung, stroke, dan penambahan berat badan. Jika Anda belum pernah mengonsumsi alkohol, lebih baik jangan mencoba untuk kesehatan tubuh.

7. Yoghurt dengan perasa
Yoghurt dapat menjadi sumber nutrisi super. Konsumsi yoghurt secara teratur dapat melindungi Anda dari tekanan darah tinggi. Namun perhatikan jenis yoghurt yang dibeli. Yoghurt dengan rasa bukanlah pilihan yang tepat untuk kesehatan jantung.

Yoghurt rasa penuh dengan gula tambahan, yang dapat menambah berat badan, tekanan darah tinggi, peradangan, dan penyakit jantung. Untuk pilihan yang paling sehat, konsumsi yoghurt rendah lemak dan tambahkan buah segar, kayu manis, atau vanila untuk menambah rasa.

Pilihan makanan yang tepat dengan porsi pas akan membantu jantung tetap sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru