oleh

Begini Kata Saksi Korupsi Pelabuhan Kubangsari

Kabar6-Kasus korupsi dalam proyek pembangunan Pelabuhan Kubangsari, Kota Cilegon, Banten, yang kini ditangani oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten, terus bergulir.

 

Sebelumnya, kasus tersebut ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang berujung dengan ditetapkannya mantan Walikota Cilegon, Tb. Aat Syafa’at yang merupakan orangtua dari Walikota Cilegon sekarang, Tb.Iman Ariyadi. ** Baca juga: Kejati Banten Incar Calon Tersangka Korupsi Pelabuhan Kubang Sari

 

Mantan Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah (DPPKD) Kota Cilegon, Septo Kalnadi, yang juga pernah menjadi saksi kasus tersebut di KPK mengaku, bila dirinya menganggap kasus itu telah selesai ditangani KPK.

 

“Saya rasa, kasus korupsi Kubangsari yang sebelumnya ditangani KPK telah selesai dengan ditetapkannya mantan Walikota Cilegon, Tb.Aat  Syafa’at yang merupakan orangtua dari Walikota Cilegon sekarang, Tb.Iman Ariyadi,” ujarnya.

 

Saat kasus itu bergulir di KPK, Septo mengaku baru diperiksa sekali soal penyidikan. “Saya juga gak bisa ngomong. Karena barang bukti dokumen dan lainnya, masih di KPK. Waktu dulu, saya ditanya 45 pertanyaan,” terangnya.

 

Ditanya perihal aliran dana yang dipakai untuk pembangunan dermaga di Pelabuhan Kubangsari, Septo mengaku bila kala itu hanya bertugas untuk mentransfer dana dari Kas Daerah (Kasda) kepada PT. Galih Medan Perkasa sebesar Rp49 miliar.

 

“Aliran dana yang saya ketahui adalah dari Kasda ke rekening PT. Galih Medan Perkasa itu aja. Setelah di rekening Galih Medan, itu saya gak tau. Soal pembangunan dermaga, teknisnya ada di PU. Saya anggap itu sudah selesai. Saya gak ngerti apa-apa,” tegasnya. ** Baca juga: Mayat Dalam Tong di Tangerang, Polisi Periksa Empat Saksi

 

Informasi yang berhasil dikumpulkan, mencuat dugaan bila dana hasil korupsi pembangunan Pelabuhan Kubangsari yang dilakukan oleh Tb. Aat Syafa’at, mantan Walikota Cilegon, digunakan untuk membiayai kampanye pencalonan anaknya, Tb. Iman Ariyadi, sebagai Calon Walikota Cilegon periode 2010-2015.(tmn/din)

Berita Terbaru