oleh

Begal Rumpin Kerap Beraksi di Jaksel dan Tangsel

Kabar6-Komplotan begal Rumpin yang diringkus Polsek Serpong, kiranya merupakan “pemain lama” di kancah pencurian sepeda motor. Selain beraksi di Tangerang Selatan (Tangsel), komplotan ini juga pernah beraksi di wilayah Jakarta Selatan (Jaksel).

Setidaknya, fakta itu terungkap dari hasil pemeriksaan polisi terhadap para perlaku. “Pengakuannya, mereka sudah 15 kali beraksi di wilayah Jaksel dan Tangsel,” ujar Kanit Reskrim Polsek Serpong, AKP Toto Daniyanto, Kamis (2/4/2015).

Dijelaskan Toto, sepanjang Febuari lalu, kawanan begal yang beranggotakan delapan orang ini, pernah merampas sepeda motor Honda Vario merah di wilayah Serpong, Tangsel.

Saat itu, korban yang merupakan karyawan swasta hendak pergi bekerja. Namun di tengah jalan, korban tiba-tiba dipepet dua sepeda motor yang ditumpangi empat pria bersenjata tajam.

“Dari keterangan korbannya, disebutkan ciri-ciri pelaku mengarah kepada komplotan curanmor asal Rumpin. Anggota pun melakukan pemburuan terhadap pelaku,” kata Toto lagi. ** Baca juga: Cabuli Janda, Dukun Lebak Ditangkap Polisi

Biasanya, kawanan begal motor ini beraksi pada waktu subuh. Selain dilengkapi senjata api, komplotan ini juga mempersenjatai diri dengan golok. “Biasa main subuh. Selain mengincar sepeda motor yangr diparkir, mereka juga kerap melakukan perampasan,” ujar Toto.

Terakhir, kawanan curanmor ‘Rumpin’ beraksi di Perumahan Griya Loka, Kelurahan Rawa Buntu, Serpong. Sepeda motor Honda CBR 250 yang diparkir di teras rumah pun digasak komplotan ini pada, Rabu (1/4) dinihari. Namun nahas bagi pelaku, aksi kejahatannya terekam kamera CCTV rumah korban.

Sedianya, penyergapan berdarah komplotan begal itu berlangsung di kawasan Rumpin, Bogor, Jawa Barat, Kamis (2/4/2015). Dalam penyergapan itu, dua begal ditembak mati, dua lainnya ditembak di bagian kaki, serta empat menyerah tanpa perlawanan.

Dua begal yang tewas adalah Kusnadi alias Enang (23) dan Ruslan alias Black (20). Kini jenazah keduanya dievakuasi ke RSU Tangerang guna keperluan visum.

Sedangkan dua pelaku yang ditembak kakinya adalah Sukron alias Bejo (21), dan Arif alias Ucok (20), kini diamankan di Polsek Serpong bersama empat pelaku lainnya, masing-masing MH (19), FR (20), SG (18) dan Ab (18).

Dari tangan komplotan begal itu, pihaknya mengamankan tujuh unit sepeda motor curian, senpi angin jenis pistol Call 4,5 mm, dua golok, Kunci Leter T.(abie)

Berita Terbaru