oleh

Banyak Kenderaan Pribadi di Tangsel Tak Lolos Uji Emisi

Kabar6-Puluhan kenderaan terjaring Operasi Uji Emisi yang digelar petugas Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) di Jalan Letnan Sutopo, BSD, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Rabu (5/11/2014).

Setiap kenderaan yang di stop diperiksa kelayakan gas buang ke udara. Dalam operasi ini, petugas KLH juga dibantu oleh petugas dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel).

Hasilnya, lima belasa sampai dua puluh persen dari kenderaan yang diperiksa, umumnya adalah kenderaan pribadi dengan BBM jenis bensin dan solar, kedapatan memliki gas buang diatas standar yang ditetapkan.

Meski demikian, petugas tidak memberikan sanksi kepada pengemudi atau pemilik kenderaan tersebut. Melainkan hanya diberi pemberitahuan terkait kondisi gas buang kenderaannya.

Kepala Bidang KEmentrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Muhammad Zakaria mengatakan, saat ini pihaknya tengah mewacanakan pemberlakuan uji emisi sebagai syarat perpanjangan Surat Tanda Nomor Kenderaan (STNK). **Baca juga: Besok, Ribuan Buruh Kembali Geruduk Puspemkab Tangerang.

“Metode itu sudah diberlakukan di Jkaarta. Namun, belum diberlakukan di Tangsel,” ujar Zakaria lagi.(rani)

Berita Terbaru